PENDIDIKAN KARAKTER DALAM AL-QUR’AN MENURUT TAFSIR AL MISBAH (KAJIAN Q.S ASH-SHAFF AYAT 2-3)

Detail Cantuman

Prodi PGMI

PENDIDIKAN KARAKTER DALAM AL-QUR’AN MENURUT TAFSIR AL MISBAH (KAJIAN Q.S ASH-SHAFF AYAT 2-3)

XML

Latar belakang penelitian ini adalah pendidikan karakter menjadi kebutuhan mendesak, mengingat demoralisasi dan degredasi pengetahuan sudah sedemikian akut menyerang bangsa ini di semua lapisan masyarakat. Pendidikan karakter diharapkan mampu membangkitkan kesadaran bangsa ini untuk membangun pondasi bangsa yang kokoh. Adapun permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah: bagaimana pendidikan karakter dalam al-Qur’an menurut tafsir al misbah kajian surah Ash-Shaff ayat 2-3, karakter apa saja yang terkandung dalam surah Ash-Shaff ayat 2-3 menurut tafsir al misbah, dan bagaimana relasi pendidikan karakter dalam al-Qur’an menurut tafsir al misbah kajian surah Ash-Shaff ayat 2-3 dengan pendidikan karakter dalam pemerintah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendidikan karakter dalam al-Qur’an menurut tafsir al misabah kajian surah Ash-Shaff ayat 2-3, untuk mengetahui karakter apa saja yang terkandung dalam surah Ash-Shaff ayat 2-3 menurut tafsir al misbah dan untuk mengetahui relasi pendidikan karakter dalam al-Qur’an menurut tafsir al misbah kajian surah Ash-Shaff ayat 2-3 dengan pendidikan karakter dalam pemerintah.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian kepustakaan. Untuk pengumpulan data penulis menggunakan metode penelitian dokumenter (dokumentasi), pengumpulan datanya dilakukan dengan menghimpun data-data dari berbagai sumber yang sudah ada. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan analisis isi.

Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah pendidikan karakter berpijak dari karakter dasar manusia, yang bersumber dari nilai moral universal (bersifat absolut) yang bersumber dari agama yang juga disebut sebagai the golden rule. Pendidikan karakter serta karakter yang terkandung dalam surah Ash-Shaff ayat 2-3 adalah keterpaduan antara perkataan dan perbuatan seseorang, jujur, berani berjuang, bertanggungjawab dan perintah untuk menghindari sifat-sifat munafik. Sifat munafik tersebut termasuk sifat yang tercela dan sangat berbahaya kepada pribadi pelakunya dan bahkan berdampak buruk kepada orang lain.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Ida Nuradika - Personal Name
Student ID
2014030001
Dosen Pembimbing
Nasokah, M.Ag.,Alh. - - Dosen Pembimbing 1
Muhtar Sofwan Hidayat, M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Maryono, M.Pd - - Penguji 1
H. Ahmad Zuhdi, M.Ag - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86232
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru MI
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Universitas Sains Al-Qur'an
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail