RELEVANSI HAKIKAT MANUSIA PERSPEKTIF AL-QUR’AN DENGAN PENDIDIKAN HUMANISTIK (KAJIAN AYAT AL-QUR’AN SURAT AL-‘ALAQ: 1-5)

Detail Cantuman

Prodi PGMI

RELEVANSI HAKIKAT MANUSIA PERSPEKTIF AL-QUR’AN DENGAN PENDIDIKAN HUMANISTIK (KAJIAN AYAT AL-QUR’AN SURAT AL-‘ALAQ: 1-5)

XML

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui relevansi manusia dalam kacamata Islam dari kajian ayat al-Qur’an surat al-‘Alaq ayat 1-5 dengan konsep pendidikan humanistik. Menyatukan dua pemikiran pada posisi yang strategis dengan mencari titik kesesuaian antara dua pandangan yaitu pandangan Islam tentang manusia serta humanistik yang berasaskan pemikiran Barat sehingga terbentuk suatu paradigma.
Teknik pengkajian ayat menggunakan metode tahlili atau analitis dalam rangka memperoleh data yang luas, lengkap dan komprehensif karena objek dikaji dari berbagai aspek. Proses analisis data mengaplikasikan pola berpikir deduktifinduktif dengan menggunakan metode deskriptif serta analisis isi. Hasil yang diperoleh yaitu pandangan tentang manusia sebagai makhluk yang berpotensial baik secara hakikat, namun juga berpotensi kepada keburukan apabila dipengaruhi faktor-faktor baik eksternal maupun internal. Pengembangan potensi melalui pendidikan yang manusiawi untuk dapat mencapai kedudukan tertingginya sebagai khalifah sekaligus ‘abd pada aspek ruhaniah. Manusia dalam pendidikan adalah sosok insan dengan kemampuan pada aspek nafsiah berupa aql untuk berpikir, qalb untuk merasakan dan nafsu untuk berkehendak. Dengan modal dasar ketiga hal tersebut manusia mampu menempatkan diri pada posisi tertinggi sebagai khalifah dalam hubungan yang sifatnya duniawi karena berhubungan dengan manusia dan alam, serta dapat berkedudukan dibawah sebagai seorang ‘abd namun dalam hubungan yang transenden karena berhubungan langsung dengan Sang Pencipta.
Demikianlah hakikat manusia dalam kaitannya dengan pendidikan yang berusaha menjadikan manusia sebagai manusia yang seutuhnya.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Puput Fitriana - Personal Name
Student ID
0610300182203120060
Dosen Pembimbing
Drs. K.H. Muchotob Hamzah, M.M - - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86232
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru MI
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail