UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMEBACA AL-QUR'AN PADA ORANG DEWASA MADYA DI MASJID JAMI BAABUSALAM BAKAL, BATUR, BANJARNEGARA

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Agama Islam

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMEBACA AL-QUR'AN PADA ORANG DEWASA MADYA DI MASJID JAMI BAABUSALAM BAKAL, BATUR, BANJARNEGARA

XML

Eliya Ayun Melani (2018010253). UPAYA MENINGKATKANKEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA ORANG DEWASAMADYA DI MASJID JAMI BAABUSSALAM BAKAL, BATUR,BANJARNEGARA. Skripsi, Wonosobo Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan,Universitas Sains Al-Qur‟an Jawa Tengah di Wonosobo, 2022.Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui: (1). Pelaksanaan orang dewasa diMasjid Jami Baabussalam Bakal, Batur, Banjarnegara dalam meningkatkankemampuan membaca al-Qur‟an, (2). Upaya meningkatkan kemampuan membacaal-Qur‟an pada Orang dewasa di Masjid Jami Baabussalam Bakal, KecamatanBatur, Kabupaten Banjarnegara, (3). Faktor Penghambat dan Faktor Pendukungdalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur‟an pada orang dewasa madyadi Masjid Jami Baabussalam Bakal, kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknikpengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, observasi partisipan,dan wawancara mendalam. Hasil wawancara data diperoleh dari wawancaradengan ustadz dan orang dewasa madya, dokumentasi berupa data orang dewasamadya yang mengikuti kegiatan meningkatkan baca al-Qur‟an baik yang bacaanyamasih rendah maupun sudah lancar dalam membaca al-Qur‟an dan observasiTeknik analisis data yang digunakan teknik analisis Miles and Huberman yaituredukasi data, penyajian data, dan kesimpulan data.Hasil analisis penelitian yaitu kemampuan membaca al-Qur‟an orangdewasa madya di Desa Bakal. Tergolong sedikit rendah karena terdapatpermasalahan yaitu terdapat orang dewasa madya yang belum bisa membaca alQur‟an,banyakjugayangsudahbisamembacaal-Qur‟antetapitidaklancarataumasihterbata-bata.(1).prosespembelajaranyang digunakan al-Qur‟an langsungdan metode yang digunakan yaitu metode tahsin yang bersistem ustadz membacakemudian ditirukan oleh dewasa madya. (2).Upaya ustadz Memberikan motivasiterhadap siswa agar terus belajar membaca al-Qur‟an dan mengadakan kerjasamadengan berbagai pihak yang sudah direncanakan yaitu bekerja sama dengn TPQuntuk membahas dan ikut memecahkan masalah mengenai kemampuan membacaal-Qur‟an. (3). Faktor penghambat, Kurangnya tenaga pengajar, fasilitas yangkurang memadai, rasa ingin belajar dewasa madya berkurang, alokasi waktu yangterlalu singkat. Faktor pendukung, kepercyaan dan rasa semangat diri orangdewasa madya dalam belajar membaca al-Qur‟an, motivasi dari pengajar,dukungan keluarga dan lingkungan sekitar agar dapat mencapai tujuan yangdiharapkan.

Kata Kunci : Meningkatkan, Membaca al-Qur’an, Dewasa Madya


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Eliya Ayun Melani - Personal Name
Student ID
2018010253
Dosen Pembimbing
Nasokah, M.Ag.,Alh. - - Dosen Pembimbing 1
Nur Faridah.M.Pd - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Mukromin,alh.,M.Ag - - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86208
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Agama Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Bandung.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
FITK-PAI 6491 ELI u
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail