IMPLEMENTASI METODE ARTIKULASI MELALUI PENGENALAN HURUF VOCAL PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS SPEECH DELAY DI PAUD UNIVERSAL AGAPE KIDS WONOSOBO TAHUN AJARAN 2023/2024

Detail Cantuman

Prodi PGMI

IMPLEMENTASI METODE ARTIKULASI MELALUI PENGENALAN HURUF VOCAL PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS SPEECH DELAY DI PAUD UNIVERSAL AGAPE KIDS WONOSOBO TAHUN AJARAN 2023/2024

XML

Skripsi ini bertujuan untuk: 1) untuk mengetahui proses pembelajarmetode artikulasi melalui pengenalan huruf vocal pada anak berkebutuhan khususspeech delay di PAUD Universal Agape Kids Wonosobo, 2) untuk mengetahuifaktor penghambat dan faktor pendukung dalam implementasi metode artikulpengenalan huruf vocal pada anak berkebutuhan khusus speech delay di PAUUniversal Agape Kids Wonosobo. 3) untuk mengetahui implementasi metodeartikulasi pengenalan huruf vocal pada anak berkebutuhan khusus speech delayPAUD Universal Agape Kids Wonosobo.Skripsi ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenispenelitiannya bersifat lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan metodewawancara, observasi, dan dokumentasi, adapun sumber data diperoleh dasumber data primer dan data sekunder ( buku-buku pendidikan dan bimbingananak berkebutuhan khusus, referensi yang berkaitan dengan anak berkebutuhankhusus speech delay, metode artikulasi, skripsi terdahulu, artikel-artikel, jurnadan situs internet ). Selain itu, sumber data juga diperoleh dari subjek penelitiyaitu kepala sekolah, guru atau pendidik, dan peserta didik PAUD UniverAgape Kids yang anaknya berjumlah sepuluh dengan kelompok usia 2-4 tahun.Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatayang bersifat induktif yaitu suatu analisis berdasarkan data yang diperolehselanjutnya dikembangkan pola hubungan tertentu atau hipotesis, berdasarkahipotesis yang dirumuskan berdasarkan data tersebut, selanjutnya dicarikan dalagi secara berulang-ulang sehingga selanjutnya dapat disimpulkan apakahipotesis tersebut dapat diterima atau ditolak berdasarkan data yang terkumpuljika berdasarkan data yang dapat dikumpulkan secara berulang-ulang dengateknik tringulasi, ternyata hipotesis diterima, maka hipotesis tersebut berkembangmenjadi teori.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) proses pembelajaran yang adaPAUD Universal Agape Kids wonosobo bertujuan untuk membamengembangkan pola pikir anak dalam pembelajaran terapi artikulasi, dengaadanya terapi artikulasi anak dapat mengembangkan keterampilan percakapsehingga dapat meningkatkan kemampuan berbicara serta dapat mengekspresikanbahasa sesuai dengan seusiannya. 2) faktor penghambatnya dalam implementasimetode artikulasi melalui pengenalan huruf vocal pada anak berkebutuhan khususspeech delay yaitu adanya gangguan bicara yang disebabkan kerusakan pastruktur mulut, munculnya rasa kurang percaya diri yang disebabakan anak mengalami keterlambatan bicara, kurangnya stimulasi sejak dini, kurangnyapemahaman orangtua terhadapa anak speech delay, kurangnya bersosialisasidengan lingkungan sekitarnya, anak merasa minder dengan teman sesusianya,sedangkan untuk faktor pendukungnya dalam implementasi metode artikulasimelalui pengenalan huruf pada anak berkebutuhan khusus speech delay yaitu anakyang memiliki berkebutuhan khusus di PAUD universal Agpe Kids memilikisemangat yang besar untuk belajar, peseta didik yang bersungguh-sungguh dalamkegiatan pembelajaran dan kesungguhan guru dalam mengajar, guru atau pendidikdapat mengfasilitasi kebutuhan peserta didik. 3) implementasi metode artikulasimelalui pengenalan huruf vocal pada anak berkebutuhan khusus speech delayyaitu Pendidikan anak usia dini pada anak yang memiliki berkebutuhan khususterutama pada kelainana bicara, sangat penting pendidik memperkenalkan hurufhurufvocalsebagaipengenalanpadapengucapanya,terlebihanakyangmemilikihambatanbicara metode artikulasi dapat digunakan sebagai penunjang utamaterhadap kebutuhan mereka, dengan media tersebut anak akan mengenalbagaimana cara melihat serta mendengar pada getaran-getaran huruf.
Kata kunci: Metode Artikulasi, Huruf Vocal, Anak Berkebutuhan Khusus,Speech delay


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Vina Dawamatussilmi - Personal Name
Student ID
2020240008
Dosen Pembimbing
Dr. Ahmad Khoiri, M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
Bambang Sugiyanto, S.Pd.I., M.Si - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86233
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail