PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN EKSPERIMEN PADA MATERI PERUBAHAN SIFAT BENDA IPA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V DI SD NEGERI 3 KEMIRIOMBO KALIWIRO TAHUN AJARAN 2023/2024

Detail Cantuman

Prodi PGMI

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN EKSPERIMEN PADA MATERI PERUBAHAN SIFAT BENDA IPA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V DI SD NEGERI 3 KEMIRIOMBO KALIWIRO TAHUN AJARAN 2023/2024

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara yang bisadilakukan agar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dengan penerapanmetode pembelajaran eksperimen pembuatan es krim putar dan mengetahuibagaimana keterlaksanaan pembelajaran setelah menggunakan metodepembelajaran eksperimen. Dengan subjek penelitian yaitu kelas V SD Negeri 3Kemiriombo Kaliwiro yang berjumlah 11 siswa.Adapun metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian TindakanKelas yang dilaksanakan dua siklus berbasis kolaborasi. Pengumpulan datadiperoleh dengan menggunakan metode tes untuk mengetahui peningkatanprestasi belajar, serta non tes berupa observasi untuk mengetahui keterlaksanaanpembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada metode tes, presentaseprestasi belajar siswa pada mata Pelajaran IPA khususnya materi perubahan sifatbenda mengalami peningkatan dari angka 9 % pada prasiklus menjadi 18 % padasiklus I dan mencapai 63.6% pada siklus II. Sedangkan pada metode non tesberupa observasi keterlaksanaan pembelajaran setelah dilakukan Tindakan semulapada siklus I yaitu 72% mengalami peningkatan menjadi 87% pada siklus II.Dengan hasil yang didapat tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapanmetode pembelajaran eksperimen dapat meningkatkan prestasi belajar siswa jugamenunjukan adanya peningkatan keterlaksanaan pembelajaran setelah adanyaTindakan berupa penerapan metode pembelajaran eksperimen. Namun, perluadanya perbaikan lagi pada siklus berikutnya agar mencapai hasil yang sesuaidengan kriteria ketuntasan.Kata Kunci : Metode Pembelajaran, Pembelajaran IPA,Prestasi BelajarPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara yang bisadilakukan agar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dengan penerapanmetode pembelajaran eksperimen pembuatan es krim putar dan mengetahuibagaimana keterlaksanaan pembelajaran setelah menggunakan metodepembelajaran eksperimen. Dengan subjek penelitian yaitu kelas V SD Negeri 3Kemiriombo Kaliwiro yang berjumlah 11 siswa.Adapun metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian TindakanKelas yang dilaksanakan dua siklus berbasis kolaborasi. Pengumpulan datadiperoleh dengan menggunakan metode tes untuk mengetahui peningkatanprestasi belajar, serta non tes berupa observasi untuk mengetahui keterlaksanaanpembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada metode tes, presentaseprestasi belajar siswa pada mata Pelajaran IPA khususnya materi perubahan sifatbenda mengalami peningkatan dari angka 9 % pada prasiklus menjadi 18 % padasiklus I dan mencapai 63.6% pada siklus II. Sedangkan pada metode non tesberupa observasi keterlaksanaan pembelajaran setelah dilakukan Tindakan semulapada siklus I yaitu 72% mengalami peningkatan menjadi 87% pada siklus II.Dengan hasil yang didapat tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapanmetode pembelajaran eksperimen dapat meningkatkan prestasi belajar siswa jugamenunjukan adanya peningkatan keterlaksanaan pembelajaran setelah adanyaTindakan berupa penerapan metode pembelajaran eksperimen. Namun, perluadanya perbaikan lagi pada siklus berikutnya agar mencapai hasil yang sesuaidengan kriteria ketuntasan.
Kata Kunci : Metode Pembelajaran, Pembelajaran IPA,Prestasi Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Sherli Bilivina - Personal Name
Student ID
2020030074
Dosen Pembimbing
Maryono, M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
Muhtar Sofwan Hidayat, M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 3
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86232
Edisi
Published
Departement
PGMI
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail