Prodi PGMI
PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI PESERTA DIDIK
XMLSkripsi ini bertujuan: 1) untuk mengetahui pengaruh model problem basedlearning terhadap kemampuan literasi numerasi peserta didik pada mata pelajaranmatematika; 2) untuk mengetahui pengaruh kemampuan literasi numerasi padapembelajaran matematika sebelum diterapkan model problem based learning; 3)untuk mengetahui pengaruh kemampuan literasi numerasi pada pembelajaranmatematika sesudah diterapkan model problem based learning.Skripsi ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenispenelitian quasi eksperimen design dengan menggunakan metode nonequivalentcontrol design. Pemilihan sampel nonprobability purposive sampling. Populasipada penelitian ini seluruh peserta didik kelas V MI Ma‟arif Kejiwan. Teknikpengambilan data dalam penelitian ini berupa observasi dan soal tes. Soal untukpretest dan posttest diuji dengan menggunakan uji validitas, uji reabititas, tarafkesukaran, dan daya beda. Proses pengujian menggunakan uji normalitas, ujihomogenitas, uji t-test dan uji N-gain.Hasil penelitian menunjukan bahwa: terdapat peningkatan kemampuanliterasi numerasi pada kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaranproblem based learning pada pembelajaran matematika. Hal ini dibuktikandengan hasil analisis data menggunakan uji t dan uji N-gain. Analisis uji tdiperoleh thitung sebesar 2,76 > ttabel 2,00 dengan taraf signifikansi 5% sehingga jikathitung > ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil uji N-gain pada kelaseksperimen yaitu 0,679 dan kelas kontrol 0,534 keduanya berkategori sedangtetapi kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol.
Kata Kunci: pembelajaran matematika, problem based learning, literasi numerasi
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Viera Arifiana Salma - Personal Name
|
Student ID |
2020030059
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86232
|
Edisi |
Published
|
Departement |
PGMI
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |