PENERAPAN MEDIA AUDIO MUROTTAL DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN SISWA KELAS 5 DI MIMA NU 01 TUNJUNGMULI KECAMATAN KARANGMONCOL KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Detail Cantuman

Prodi PGMI

PENERAPAN MEDIA AUDIO MUROTTAL DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN SISWA KELAS 5 DI MIMA NU 01 TUNJUNGMULI KECAMATAN KARANGMONCOL KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2023/2024

XML

Skripsi ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui proses penerapan mediaaudio murottal dalam menghafal al-Qur’an siswa kelas 5 di MIMA NU 01Tunjungmuli; 2) Bagaimana hasil dari penerapan media audio murottal dalammenghafal al-Qur’an siswa kelas 5 di MIMA NU 01 Tunjungmuli; 3) Untukmengetahui kendala dalam menghafal al-Qur’an melalui media audio murottalsiswa kelas 5 di MIMA NU 01 Tunjungmuli.Pada penulisan skripsi ini, penulis menggunakan jenis penelitian deskriptifdengan pendekatan kualitatif, dimana penelitian ini bersifat lapangan (fieldresearch). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian inimenggunakan metode pengamatan atau observasi, wawancara, dan dokumentasi.Sedangkan, dalam teknik analisis data yang dilakukan dengan tujuan untukmempermudah dalam memahami fenomena-fenomana masalah yang terjadi dandalam memberikan solusi untuk masalah yang ada, penulis menggunakan carareduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.Dapat diketahui dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Proseskegiatan pembelajaran hafalan al-Qur’an dilaksanakan tiga kali dalam sepekan dijam 07:00 s/d 08:00 WIB. Pembelajaran hafalan al-Qur’an menggunakan mediaaudio murottal ini diawali dengan pembiasaan shalat dhuha, pembacaan asmaulhusna, dan puji-pujian. Kemudian, dilanjutkan dengan muroja’ah bersama danmenambah hafalan al-qur’an dengan memperdengarkan murottal dari Ustadz BilalAttaki. 2) Penggunaan media audio murottal dalam menghafal al-Qur’an siswa diMIMA NU 01 Tunjungmuli menunjukkan adanya hasil yang baik. Hal ini terbuktidari kualitas hafalan siswa yang semakin baik dan tajwidnya semakin terjaga.Sebagian besar siswa juga telah mencapai target hafalan al-Qur’an yang ditentukanpihak sekolah bahkan ada yang melebihi target. 3) Kendala dalam menghafal alQur’anmenggunakan media audio murottal meliputi faktor pendukung danpenghambat. Faktor pendukung dalam hafalan al-Qur’an menggunakan mediaaudio murottal ialah niat dan semangat siswa dalam menghafal dan bermuroja’ahserta peran dan dukungan dari guru dan orang tua. Sedangkan faktorpenghambatnya ialah kurangnya guru tahfidz, kurangnya waktu pembelajaran,listrik yang tiba-tiba padam, dan rasa malas dalam diri siswa.
Kata Kunci: Penerapan, Media Audio Murottal, Menghafal al-Qur’an


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Muntofingah - Personal Name
Student ID
2020030054
Dosen Pembimbing
Dr. Robingun Suyud El Syam, M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
Nasokah, M.Ag.,Alh. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86232
Edisi
Published
Departement
PGMI
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail