PENGUATAN KARAKTER SISWA MELALUI MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS IV MI MA’ARIF GONDANG WATUMALANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Detail Cantuman

Prodi PGMI

PENGUATAN KARAKTER SISWA MELALUI MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS IV MI MA’ARIF GONDANG WATUMALANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024

XML

Skripsi ini bertujuan untuk: 1) Untuk Mengetahui bagaimana penguatankarakter yang dilakukan oleh guru melalui mata pelajaran sejarah kebudayaanIslam di kelas IV MI Ma’arif Gondang Watumalang; 2) Untuk mengetahui apasaja kendala yang guru alami dalam proses pembelajaran sejarah kebudayaanIslam di kelas IV MI Ma’arif Gondang Watumalang; 3) Untuk mengetahuibagaimana hasil penguatan atau pembentukan karakter siswa yang dilakukan olehguru melalui mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di kelas IV MI Ma’arifGondang Watumalang.Penelitiannya bersifat deskriptif lapangan. Teknik pengumpulan data yangdigunakan dalam penelitian ini yaitu meliputi observasi partisipan, wawancaramendalam dan dokumentasi. Kemudian, sumber data diperoleh dari sumber dataprimer dan data sekunder (hasil wawancara langsung dengan subjek penelitianserta dokumentasi berupa foto, data-data, dan lain sebagainya). Adapun teknikanalisis yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif menurut Milles danHuberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikankesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penguatan karakter yangdilakukan oleh guru melalui mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di kelas IVMI Ma’Arif Gondang Watumalang dianggap tepat, karena melalui mata pelajaransejarah kebudayaan Islam, siswa dapat mengetahui Kepribadian NabiMuhammad, sejarah tokoh-tokoh Islam, karakter siswa dapat terbentuk danditerapkan dalam kehidupan sehari-hari. 2) Kendala yang dialami oleh guru dalamproses pembelajaran sejarah kebudayaan Islam di kelas IV MI Ma’Arif GondangWatumalang yaitu dengan adanya latar belakang siswa yang berbeda-beda,sehingga dalam penyampaian dan penerapan materi tidak semua siswa langsungdapat menerimanya. 3) Penguatan karakter siswa yang dilakukan oleh guru matapelajaran sejarah kebudayaan Islam di kelas IV MI Ma’Arif GondangWatumalang dapat dikatakan berhasil, karena mata pelajaran sejarah kebudayaanIslam termasuk mata pelajaran yang sangat berkontribusi dalam pembentukandan penguatan karakter siswa.
Kata Kunci : Penguatan Karakter, Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Maisaroh Setia Hendriani - Personal Name
Student ID
2020030044
Dosen Pembimbing
Dr.Sri Haryanto, M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 1
Salis Irvan Fuadi, M.Pd.I. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86232
Edisi
Published
Departement
PGMI
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail