STUDI KOMPARASI MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA EVALUASI KAHOOT! DAN GOOGLE FORMS PADA MATA PELAJARAN IPAS DI MI MA’ARIF GONDANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Detail Cantuman

Prodi PGMI

STUDI KOMPARASI MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA EVALUASI KAHOOT! DAN GOOGLE FORMS PADA MATA PELAJARAN IPAS DI MI MA’ARIF GONDANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024

XML

Skripsi ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui minat belajar siswa kelasIV terhadap penggunaan media evaluasi Kahoot! pada mata pelajaran IPAS di MIMa’arif Gondang; 2) Untuk mengetahui minat belajar siswa kelas IV terhadappenggunaan media evaluasi Google Forms pada mata pelajaran IPAS di MIMa’arif Gondang; 3) Untuk mengetahui apakah ada perbedaan minat belajar siswakelas IV terhadap penggunaan media evaluasi Kahoot! dan Google Forms padamata pelajaran IPAS di MI Ma’arif Gondang.Skripsi ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif jenis quasiexsperiment (eksperimen semu). Desain yang digunakan adalah posstest-onlycontrol design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV di MIMa’arif Gondang berjumlah 65 siswa. Sampel pada penelitian ini yaitu siswakelas IV B berjumlah 31 siswa. Analisis data menggunakan uji asumsi klasikberupa uji normalitas, dan uji homogenitas, serta uji hipotesis menggunakan uji t(independent sampel t-test).Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Minat belajar siswa kelas IV padapembelajaran IPAS yang menggunakan media evaluasi Kahoot! cenderung lebihtinggi, hal ini terlihat pada indikator minat siswa yaitu: Penggunaan aplikasi yangmudah dipahami, antusias dalam menjawab soal, petunjuk yang jelas, tampilanaplikasi yang menarik, ketertarikan dalam menjawab soal dalam pembelajaran,serta lebih berhati-hati dalam menjawab soal; 2) Minat belajar siswa kelas IVpada pembelajaran IPAS yang menggunakan media evaluasi Google Formscenderung lebih rendah, hal ini terlihat pada indikator minat siswa yaitu:Tampilan aplikasi yang menarik, ketertarikan dalam menjawab soal, antusiasdalam menjawab soal; 3) Terdapat perbedaan yang signifikan antara minat belajarsiswa kelas IV yang menggunakan media evaluasi Kahoot! dan Google Formspada pembelajaran IPAS di MI Ma’arif Gondang. Hal ini terlihat pada skor rataratamedia evaluasi Kahoot! Sebesar 52.10 dan skor rata-rata media evaluasiGoogle Forms sebesar 47.19 serta hasil perhitungan dari tabel Independent t Testbahwa diperoleh nilai signifikansi Sig. (2-tailed) sebesar 0.010 < 0,05, berarti Haditerima dan Ho ditolak.
Kata kunci: Minat siswa, Kahoot!, Google Forms, IPAS


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Fitri Laelaturohmah - Personal Name
Student ID
2020030035
Dosen Pembimbing
Nasokah, M.Ag.,Alh. - - Dosen Pembimbing 1
Muhtar Sofwan Hidayat, M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Maryono, M.Pd - - Penguji 1
M. Yusuf Amin Nugroho, M.Pd.I - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86233
Edisi
Published
Departement
PGMI
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Bandung.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail