PENGGUNAAN MEDIA WAYANG KARTUN PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MENYIMAK CERITA TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN SISWA KELAS IV SD TAKHASSUS ALQUR’AN WONOSOBO TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Detail Cantuman

Prodi PGMI

PENGGUNAAN MEDIA WAYANG KARTUN PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MENYIMAK CERITA TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN SISWA KELAS IV SD TAKHASSUS ALQUR’AN WONOSOBO TAHUN PELAJARAN 2023/2024

XML

Pembelajaran di SD Takhassus Al-Qur’an masih menggunakan modelpembelajaran konvensional. Akan tetapi, ketika proses pembelajaran berlangsungbanyak ditemukan siswa yang pasif dan banyak siswa yang menganggappembelajaran menyimak cerita merupaksn pembelajaran yang sulit. Oleh karenaitu, perlu diterapkannya media pembelajaran yang bervariasi dan menyenangkandalam proses pembelajaran. Harapannya dengan penggunaan media wayangkartun dapat menjadi solusinya. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahuipenggunaan media wayang kartun dalam pembelajaran materi menyimak ceritasiswa kelas IV SD Takhassus Al-Qur’an. 2) Mengetahui peningkatanketerampilan menyimak cerita setelah digunakan media wayang kartun pada siswakelas IV SD Takhassus Al-Qur’an. 3) Mengetahui perbedaan keterampilanmenyimak siswa kelas IV SD Takhassus Al-Qur’an antara yang menggunakandan yang tidak menggunakan media wayang kartun.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi eksperimental yangmenggunakan none equivalent control group , yaitu penelitian yang dilaksanakanpada dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi dan sampel daripenelitian ini adalah siswa IV B berjumlah 28 siswa sebagai kelas eksperimen dansiswa IV A berjumlah 27 sebagai kelas kontrol. Kemudian kelompok eksperimendan kontrol dikenakan pretest dan diakhir dikenakan posttest. Kemudian hasilnyadiolah, dianalisis, dan dibandingkan menggunakan uji t-test dan uji N-Gain untukmengetahui perbedaan dan peningkatan penguasaan kosa kata antara keduakelompok tersebut.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : 1) Terdapat peningkatanketerampilan menyimak cerita siswa kelas eksperimen sebesar 0,699 dengankriteria sedang dan kelas kontrol sebesar 0,298 dengan kriteria rendah. 2) Adaperbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan ????ℎ???????????????????? lebih besardari ???????????????????????? baik pada taraf signifikan 1% atau 5% yaitu 12,851 > 2,671 dan 12,851> 2,005.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Wayang Kartun, KeterampilanMenyimak Cerita.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Royin Kamaliyah - Personal Name
Student ID
2020030003
Dosen Pembimbing
Fatkhurrohman, S.Ag.,M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
Muhamad Yusuf Amin Nugroho, SH.I., M.Pd.I. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr. Moh Sakir., M.Pd.I - - Penguji 1
Mukromin, M.Ag. - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86232
Edisi
Published
Departement
PGMI
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail