EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBASIS OUTDOOR STUDY UNTUK MENUMBUHKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS MATERI PERMASALAHAN LINGKUNGAN DI KELAS V SD NEGERI 1 TAPEN BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Detail Cantuman

Prodi PGMI

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBASIS OUTDOOR STUDY UNTUK MENUMBUHKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS MATERI PERMASALAHAN LINGKUNGAN DI KELAS V SD NEGERI 1 TAPEN BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2023/2024

XML

Skripsi ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui bagaimana implementasi modelPjBL berbasis outdoor study untuk menumbuhkan kemandirian belajar siswa padamata pelajaran IPAS. 2) Mengetahui bagaimana tingkat kemandirian belajar siswamenggunakan model pembelajaran PjBL berbasis outdoor study pada matapelajaran IPAS. 3) Mengetahui penerapan model pembelajaran PjBL berbasisoutdoor study efektif untuk menumbuhkan kemandirian belajar siswa pada matapelajaran IPAS.Skripsi ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dimana jenispenelitiannya penelitian eksperimen menggunakan desain one group pretestposttestdesign. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi,dokumentasi, tes, dan kuesioner (angket). Populasi dalam penelitian ini adalahseluruh siswa SD Negeri 1 Tapen Banjarnegara dengan jumlah 148 siswa,sedangkan sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SD Negeri 1Tapen dengan jumlah 27 siswa. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah1) uji prasyarat, meliputi uji normalitas dan uji homogenitas, dan 2) uji hipotesis,meliputi uji t (t-Test sampel berpasangan/related) dan uji gain (N-Gain).Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi Project BasedLearning (PjBL) berbasis outdoor study pada mata pelajaran IPAS di kelas V SDNegeri 1 Tapen Banjarnegara berada dalam kategori efektivitas yang tinggi. Dapatdilihat dari hasil observasi aktivitas guru dan siswa yang diukur menggunakan skaladikotomi, diperoleh tingkat keterlaksanaan pembelajaran sebesar 91.30% yangartinya berada pada kategori efektivitas yang tinggi. 2) Terdapat peningkatankemandirian belajar siswa sesudah diberikan perlakuan menggunakan modelpembelajaran PjBL berbasis outdoor study sebesar 76.30 yang termasuk dalamkategori cukup efektif dan peningkatan sebesar 41.85 sebelum diberikan perlakuanberupa pembelajaran konvensional dengan kategori rendah. 3) Model pembelajaranProject Based Learning (PjBL) berbasis outdoor study berpengaruh secarasignifikan terhadap kemandirian belajar siswa. Dapat dilihat dari hasil analisis uji tmenggunakan aplikasi SPSS versi 29 didapatkan nilai signifikansi sebesar 0.001yang berarti bahwa nilai signifikan < 0.05. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.
Kata Kunci: Project Based Learning, Outdoor Study, Kemandirian Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Dias Dwi Utami - Personal Name
Student ID
2020030001
Dosen Pembimbing
Ahmad Khoiri, M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
Bambang Sugiyanto, S.Pd.I., M.Si - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr. Abdul Majid, M.Pd - - Penguji 1
Nasokah, M.Ag.,Alh. - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86232
Edisi
Published
Departement
PGMI
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail