ANALISIS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DENGAN MATERI MEMBANGUN MASYARAKAT YANG BERADAB UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 1 WONOSARI TA 2023/2024

Detail Cantuman

Prodi PGMI

ANALISIS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DENGAN MATERI MEMBANGUN MASYARAKAT YANG BERADAB UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 1 WONOSARI TA 2023/2024

XML

Skripsi ini bertujuan untuk: 1) untuk mengetahui penerapan pembelajaranberdiferensiasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPAS;2) untuk mengetahui perubahan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPASdengan menggunakan pembelajaran berdiferensiasi; 3) untuk mengetahui tingkathasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS dengan menggunakan pembelajaranberdiferensiasi.Skripsi ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) yangdilakukan secara kolaboratif antara peneliti, guru dan siswa kelas IV SD N 1Wonosari. Penelitian ini dilaksankan di SD N1 Wonosari Wonosobo, tahun ajaransemester genap 2023/2024. Teknik pengumpulan data menggunakan metodeobservasi, tes yang meliputi pre test dan post test, dan dokumentasi. Untuk teknikanalisis data yang digunakan yakni analisis data kualitatif dan kuantitatif, datakualitatif berisi pernyataan-pernyataan penjelasan yang diambil dari penelitianterhadap pembelajaran yang telah dilakukan, data kuantitatif berisi angka-angkayang diambil dari hasil evaluasi setelah pembelajaran pembelajaran diolah denganmetode deskriptif presentase.Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Penerapan pembelajaranberdiferensiasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPASkelas IV SD N 1 Wonosari yakni, diterapkan dengan menggunakan dua siklussesuai dengan metode penelitian yang digunakan yakni penelitian tindakan kelasdan dengan langkah pembelajaran berdiferensiasi; 2) Perubahan hasil belajarsetelah penerapan pembelajaran berdiferensiasi meliputi tercipta suasana yangbaru, pertumbuhan atau perkembangan yang merata bagi semua siswa,pembelajaran melibatkan siswa 3) Tingkat hasil belajar siswa setelah penerapanstrategi berdiferensiasi mendapatkan hasil meningkat secara signifikan dari prasiklus sampai dengan siklus 2.
Kata kunci: Diferensiasi, Peningkatan, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Ahmad Jatmiko - Personal Name
Student ID
2017030059
Dosen Pembimbing
Nasokah, M.Ag.,Alh. - - Dosen Pembimbing 1
Rifqi Aulia Rahman, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86232
Edisi
Published
Departement
PGMI
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail