PENERAPAN METODE SOCRATIC QUESTIONING DALAM PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA DI SMP NEGERI 1 KEJAJAR

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Fisika

PENERAPAN METODE SOCRATIC QUESTIONING DALAM PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA DI SMP NEGERI 1 KEJAJAR

XML

Kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep siswa di Tingkat SMPtergolong masih rendah. Sedangkan kemampuan tersebut sangat dibutuhkandalam proses pembelajaran. Skripsi ini bertujuan untuk (1)Untuk mengetahuibagaimana perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa antara pembelajaranmetode socratic questioning dengan konvensional di SMP N 1 Kejajar . (2)Untukmengetahui bagaimana perbedaan pemahaman konsep siswa antara pembelajaranmetode socratic questioning dengan konvensional di SMP N 1 Kejajar. (3) Untukmengetahui bagaimana peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa setelahmenggunakan Metode Socratic Questioning di SMP N 1 Kejajar. (4)Untukmengetahui bagaimana peningkatan pemahaman konsep siswa setelahmenggunakan Metode Socratic Questioning di SMP N 1 Kejajar.Penelitian menggunakan jenis kuantitatif dengan menggunakan desainquasi-experiment. Sampel dalam penelitian diambil dari purposive sampling ataumemilih sampel dengan dasar bertujuan. Populasi dalam penelitian adalah seluruhsiswa kelas VIII SMP N 1 Kejajar dengan dua kelas sebagai sampel, yaitu sebagaikelas eksperimen dan kelas control. Teknik pengambilan data berupa observasi,dokumentasi dan tes yang terdiri pretest dan posttest. Uji Hipotesis dalampenelitian diuji dengan Uji-T dan Uji N-Gain untuk mengetahui perbedaan antarakedua kelas dengan adanya peningkatan keterampilan berpikir kritis danpemahaman konsep siswa.Hasil yang didapatkan dari penelitian menunjukkan bahwa: 1)Terdapatperbedaan keterampilan berfikir kritis antara kelas eksperimen dan kontrol. Hal inidibuktikan dengan nilai ????ℎ???????????????????? 8,286 sedangkan ???????????????????????? 2,074. 2)Adanyaperbedaan pemahaman konsep siswa antara kelas eksperimen dan kelas control,dengan dibuktikan nilai 11,649 sedangkan ???????????????????????? 2,074. 3)Terdapat peningkatanketerampilan berpikir kritis siswa antara kelas eksperimen dan kontrol denganhasil uji N-Gain sebesar 0,56 yang artinya cukup efektif dalam meningkatkanketerampilan berpikir kritis siswa. 4)Adanya peningkatan pemahaman konsepsiswa antara kelas eksperimen dan kontrol dengan hasil uji N-Gain sebesar 0,62yang artinya cukup efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa.
Kata kunci: Metode Socratic Questiong, Berpikir Kritis, Pemahaman Konsep


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Rani Karmilah - Personal Name
Student ID
: 2020020051
Dosen Pembimbing
mary - - Dosen Pembimbing 1
Firdaus, M.Pd - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
84203
Edisi
Published
Departement
pendidikan fisika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail