PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AI “CHATBOT” MELALUI PEMAHAMAN ETNOSAINS PADA PEMBELAJARAN FISIKA BAB SUHU DAN KALOR UNTUK PENINGKATAN KEMANDIRIAN SISWA SMA KELAS XI SEMESTER II

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Fisika

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AI “CHATBOT” MELALUI PEMAHAMAN ETNOSAINS PADA PEMBELAJARAN FISIKA BAB SUHU DAN KALOR UNTUK PENINGKATAN KEMANDIRIAN SISWA SMA KELAS XI SEMESTER II

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kelayakan MediaPembelajaran Berbasis AI “Chatbot” Melalui Pemahaman Etnosains PadaPembelajaran Fisika Suhu Dan Kalor Untuk Meningkatkan Kemandirian Siswa; (2)kepraktisan Media Pembelajaran Berbasis AI “Chatbot” Melalui PemahamanEtnosains Pada Pembelajaran Fisika Suhu Dan Kalor Untuk MeningkatkanKemandirian Siswa; dan (3) keefektivan Media Pembelajaran Berbasis AI“Chatbot” Melalui Pemahaman Etnosains Pada Pembelajaran Fisika Suhu DanKalor Untuk Meningkatkan Kemandirian Siswa.Penelitian ini termasuk jenis Penelitian dan Pengembangan atau Researchand Development (R&D) dengan menggunakan sebuah metode yaitu modelADDIE.Metode penelitian dan pengembangan adalah metode penelitian yangdigunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produktersebut. Berupa rancangan dan desain yang bersifat aplikasi untuk menghasilkansuatu bentuk alat berupa perangkat lunak (Software) yang dapat berjalan padasmartphone sebagai media pembelajaran yang diaplikasikan pada prosespembelajaran di Sekolah Menengah Atas pada pembelajaran Fisika materi Suhu danKalor. Jenis penelitian dan pengembangan yang digunakan bertujuan untukmenemukan, mengembangkan dan memvalidasi suatu produk.Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) kelayakan Media PembelajaranBerbasis AI “Chatbot” Melalui Pemahaman Etnosains Pada Pembelajaran FisikaSuhu Dan Kalor Untuk Meningkatkan Kemandirian Siswa mendapatkan penilaianoleh dosen ahli materi dan dosen ahli media dengan kategori baik dan sangat baik(layak untuk digunakan oleh siswa); (2) kepraktisan Media Pembelajaran BerbasisAI “Chatbot” Melalui Pemahaman Etnosains Pada Pembelajaran Fisika Suhu DanKalor Untuk Meningkatkan Kemandirian Siswa mendapatkan penilaian oleh guruFisika dan siswa SMA N 1 Wonosobo XI MIPA mendapat persentase rata-rata 93%yang tergolong dalam kategori sangat baik; (3) Keefektivan Media PembelajaranBerbasis AI “Chatbot” Melalui Pemahaman Etnosains Pada Pembelajaran FisikaSuhu Dan Kalor Untuk Meningkatkan Kemandirian Siswa mendapat penilaian olehsiswa berdasarkan kriteria berada pada nilai 0,50 (terjadi peningkatan). Hal tersebutmenandakan bahwa media pembelajaran yang sudah dibuat dapat efektiv dalammeningkatkan kemandirian siswa serta dapat memudahkan dalam memahamimateri suhu dan kalor.
Kata Kunci: ChatBot, Etnosains, Kemandirian Siswa


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Mela Afiliyani - Personal Name
Student ID
2020020050
Dosen Pembimbing
Maryono, M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
Firdaus, M.Pd - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
84203
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Fisika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail