Prodi Pendidikan Fisika
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AI “CHATBOT” MELALUI PEMAHAMAN ETNOSAINS PADA PEMBELAJARAN FISIKA BAB SUHU DAN KALOR UNTUK PENINGKATAN KEMANDIRIAN SISWA SMA KELAS XI SEMESTER II
XMLPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kelayakan MediaPembelajaran Berbasis AI “Chatbot” Melalui Pemahaman Etnosains PadaPembelajaran Fisika Suhu Dan Kalor Untuk Meningkatkan Kemandirian Siswa; (2)kepraktisan Media Pembelajaran Berbasis AI “Chatbot” Melalui PemahamanEtnosains Pada Pembelajaran Fisika Suhu Dan Kalor Untuk MeningkatkanKemandirian Siswa; dan (3) keefektivan Media Pembelajaran Berbasis AI“Chatbot” Melalui Pemahaman Etnosains Pada Pembelajaran Fisika Suhu DanKalor Untuk Meningkatkan Kemandirian Siswa.Penelitian ini termasuk jenis Penelitian dan Pengembangan atau Researchand Development (R&D) dengan menggunakan sebuah metode yaitu modelADDIE.Metode penelitian dan pengembangan adalah metode penelitian yangdigunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produktersebut. Berupa rancangan dan desain yang bersifat aplikasi untuk menghasilkansuatu bentuk alat berupa perangkat lunak (Software) yang dapat berjalan padasmartphone sebagai media pembelajaran yang diaplikasikan pada prosespembelajaran di Sekolah Menengah Atas pada pembelajaran Fisika materi Suhu danKalor. Jenis penelitian dan pengembangan yang digunakan bertujuan untukmenemukan, mengembangkan dan memvalidasi suatu produk.Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) kelayakan Media PembelajaranBerbasis AI “Chatbot” Melalui Pemahaman Etnosains Pada Pembelajaran FisikaSuhu Dan Kalor Untuk Meningkatkan Kemandirian Siswa mendapatkan penilaianoleh dosen ahli materi dan dosen ahli media dengan kategori baik dan sangat baik(layak untuk digunakan oleh siswa); (2) kepraktisan Media Pembelajaran BerbasisAI “Chatbot” Melalui Pemahaman Etnosains Pada Pembelajaran Fisika Suhu DanKalor Untuk Meningkatkan Kemandirian Siswa mendapatkan penilaian oleh guruFisika dan siswa SMA N 1 Wonosobo XI MIPA mendapat persentase rata-rata 93%yang tergolong dalam kategori sangat baik; (3) Keefektivan Media PembelajaranBerbasis AI “Chatbot” Melalui Pemahaman Etnosains Pada Pembelajaran FisikaSuhu Dan Kalor Untuk Meningkatkan Kemandirian Siswa mendapat penilaian olehsiswa berdasarkan kriteria berada pada nilai 0,50 (terjadi peningkatan). Hal tersebutmenandakan bahwa media pembelajaran yang sudah dibuat dapat efektiv dalammeningkatkan kemandirian siswa serta dapat memudahkan dalam memahamimateri suhu dan kalor.
Kata Kunci: ChatBot, Etnosains, Kemandirian Siswa
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Mela Afiliyani - Personal Name
|
Student ID |
2020020050
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
84203
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Fisika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |