Prodi Pendidikan Fisika
KINERJA GURU IPA DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMA TAKHASSUS AS SAHRO TAHUN PELAJARAN 2023/2024
XMLSkripsi ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui bagaimana kinerja guruIPA terhadap implementasi kurikulum merdeka; 2) Untuk mengetahui apa sajafaktor pendukung dan penghambat kinerja guru IPA dalam pengimplementasiankurikulum merdeka; 3) Untuk mengetahui bagaimana upaya dalam mengatasihambatan kinerja guru IPA dalam pengimplementasian kurikulum merdeka.Skripsi ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dimana jenispenelitiannya bersifat deskriptif lapangan. Teknik pengumpulan data yangdigunakan dalam penelitian ini yaitu meliputi observasi partisipan, wawancaramendalam dan dokumentasi. Kemudian, sumber data diperoleh dari sumber dataprimer dan data sekunder (hasil wawancara langsung dengan subjek penelitianserta dokumentasi berupa foto, data-data, dan lain sebagainya). Adapun teknikanalisis yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif menurut Milles danHuberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikankesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kinerja guru IPA dalamimplementasi kurikulum merdeka di SMA Takhassus As Sahro perencanaanpembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, penilaian pembelajaran, pengembangandiri, kerja sama (kolaborasi), serta etos kerja, mengikuti pelatihan keterampilandan keprofesionalan guru IPA, belajar mandiri. 2) Faktor pendukungnya meliputi:regulasi yang mendorong inovasi dan kreativitas dalam pembelajaran IPA, aksesdigital dan teknologi yang memadai, perangkat ajar tersedia di PMM sebagaisumber rujukan serta adanya sarana dan prasarana yang sudah disediakan sekolah.Sedangkan faktor penghambatnya meliputi: faktor internal: beban kerja guru IPAyang lebih berat, motivasi dan sikap siswa, kurangnya SDM yang ahli dalambidangnya, fasilitas sekolah seperti kurangnya LCD proyektor, dan beberapa alatperaga serta alat laboratorium, penggunaan sarana dan prasarana yang belummaksimal. Sedangkan faktor eksternal berasal dari kurangnya dukungan orang tuaterhadap anak. 3) Upaya dalam mengatasi hambatan di atas antara lain:meningkatkan motivasi dan kinerja guru IPA dengan mengarahkan guru untukmengikuti IHT, workshop, pemanfaatan PMM, memanage beban kerja sepertimembuat rencana pembelajaran yang efektif dan efisien dengan adanya kolaborasidengan guru non-IPA, pemanfaatan teknologi seperti canva yang bisa diaksesmelalui akun belajarid melibatkan orang tua dalam memotivasi semangat belajarsiswa melakukan pembentukan kelompok belajar, penugasan siswa sesuai dengankemampuan siswa.
Kata Kunci: Kinerja Guru IPA, Implementasi Kurikulum Merdeka
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Rizqiyyatur Rofiqoh - Personal Name
|
Student ID |
2020020048
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
84203
|
Edisi | |
Departement |
pendidikan fisika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2024 |
Edisi | |
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |