Prodi Pendidikan Fisika
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INVESTIGATION BASED MULTIPLE REPRESENTATION MELALUI BUDAYA LOKAL UNTUK MENINGKATKAN CINTA BUDAYA DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII DI MTs NEGERI 1 WONOSOBO
XMLSkripsi ini bertujuan untuk: 1)Mengetahui penerapan model pembelajaranInvestigation Based Multiple Representation melalui budaya lokal dalammeningkatkan rasa cinta budaya dan hasil belajar peserta didik kelas VII di MTsN1 Wonosobo. 2) Mengetahui perbedaan cinta budaya dan hasil belajar pesertadidik kelas VII di MTsN 1 Wonosobo dengan bahan ajar konvensional. 3)Mengetahui Besar Peningkatan cinta budaya dan hasil belajar peserta didik kelasVII di MTsN 1 Wonosobo pada penerapan model pembelajaran InvestigationBased Multiple Representation melalui budaya lokal.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif metode pre-test dan post-test control group design yang merupakan salah satu bentuk dari TrueExperimental Design. Desain ini merupakan desain yang membandingkan tesawal dan tes akhir pada dua kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Teknikpengumpulan data menggunakan observasi, tes, kuesioner dan dokumentasi.Proses pengujian tes dan kuesioner menggunakan uji prasyarat analisis.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan penerapan modelpembelajaran Investigation Based Multiple Representation melalui budaya lokalpada materi pemuaian untuk meningkatkan cinta budaya peserta didik kelas VII diMTsN 1 Wonosobo telah dapat menunjukkan efektifitasnya dalam meningkatkankemampuan cinta budaya dan hasil belajar. 2)Pada uji yang pertama yaitu uji tpada cinta budaya dan hasil belajar peserta didik diperoleh nilai signifikansisebesar 0,00 < 0,05, sehingga H diterima dan H ditolak. Hal tersebut dapatdisimpulkan bahwa pembelajaran dengan model Investigation Based MultipleRepresentation melalui budaya lokal efektif dalam meningkatkan cinta budayadan hasil belajar peserta didik pada materi pemuaian. 3) Terdapat peningkatanhasil belajar yang cukup signifikan pada kelas eksperimen dan kontrol sebelumdan sesudah diberi perlakuan. Uji yang kedua dengan menggunakan uji N-Gaindiperoleh nilai cinta budaya dan hasil belajar di kelas eksperimen dengan rata-ratamemiliki kriteria N-gain sebesar 0,63(cukup efektif)pada tes hasil belajar danmemiliki nilai kriteria N-Gain sebesar 0,72 (cukup efektif).
Kata Kunci: Investigation Based Multiple Representation, Kearifan Lokal, RasaCinta Budaya, Hasil Belajar
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Dhea Paramita - Personal Name
|
Student ID |
2020020047
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
84203
|
Edisi |
Published
|
Departement |
pendidikan fisika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |