PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INVESTIGATION BASED MULTIPLE REPRESENTATION MELALUI BUDAYA LOKAL UNTUK MENINGKATKAN CINTA BUDAYA DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII DI MTs NEGERI 1 WONOSOBO

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Fisika

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INVESTIGATION BASED MULTIPLE REPRESENTATION MELALUI BUDAYA LOKAL UNTUK MENINGKATKAN CINTA BUDAYA DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII DI MTs NEGERI 1 WONOSOBO

XML

Skripsi ini bertujuan untuk: 1)Mengetahui penerapan model pembelajaranInvestigation Based Multiple Representation melalui budaya lokal dalammeningkatkan rasa cinta budaya dan hasil belajar peserta didik kelas VII di MTsN1 Wonosobo. 2) Mengetahui perbedaan cinta budaya dan hasil belajar pesertadidik kelas VII di MTsN 1 Wonosobo dengan bahan ajar konvensional. 3)Mengetahui Besar Peningkatan cinta budaya dan hasil belajar peserta didik kelasVII di MTsN 1 Wonosobo pada penerapan model pembelajaran InvestigationBased Multiple Representation melalui budaya lokal.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif metode pre-test dan post-test control group design yang merupakan salah satu bentuk dari TrueExperimental Design. Desain ini merupakan desain yang membandingkan tesawal dan tes akhir pada dua kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Teknikpengumpulan data menggunakan observasi, tes, kuesioner dan dokumentasi.Proses pengujian tes dan kuesioner menggunakan uji prasyarat analisis.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan penerapan modelpembelajaran Investigation Based Multiple Representation melalui budaya lokalpada materi pemuaian untuk meningkatkan cinta budaya peserta didik kelas VII diMTsN 1 Wonosobo telah dapat menunjukkan efektifitasnya dalam meningkatkankemampuan cinta budaya dan hasil belajar. 2)Pada uji yang pertama yaitu uji tpada cinta budaya dan hasil belajar peserta didik diperoleh nilai signifikansisebesar 0,00 < 0,05, sehingga H diterima dan H ditolak. Hal tersebut dapatdisimpulkan bahwa pembelajaran dengan model Investigation Based MultipleRepresentation melalui budaya lokal efektif dalam meningkatkan cinta budayadan hasil belajar peserta didik pada materi pemuaian. 3) Terdapat peningkatanhasil belajar yang cukup signifikan pada kelas eksperimen dan kontrol sebelumdan sesudah diberi perlakuan. Uji yang kedua dengan menggunakan uji N-Gaindiperoleh nilai cinta budaya dan hasil belajar di kelas eksperimen dengan rata-ratamemiliki kriteria N-gain sebesar 0,63(cukup efektif)pada tes hasil belajar danmemiliki nilai kriteria N-Gain sebesar 0,72 (cukup efektif).
Kata Kunci: Investigation Based Multiple Representation, Kearifan Lokal, RasaCinta Budaya, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Dhea Paramita - Personal Name
Student ID
2020020047
Dosen Pembimbing
Maryono, M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
Firdaus, M.Pd - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Sri Jumini, M.Pd - - Penguji 1
Rifqi Aulia Rahman, M.Pd.I - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84203
Edisi
Published
Departement
pendidikan fisika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail