PENERAPAN PENDEKATAN SOCIO SCIENTIFIC ISSUES (SSI) BERBASIS ETNOSAINS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA SISWA

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Fisika

PENERAPAN PENDEKATAN SOCIO SCIENTIFIC ISSUES (SSI) BERBASIS ETNOSAINS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA SISWA

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) apakah ada perbedaankemampuan pemecahan masalah fisika siswa pada kelas eksperimen yangmenggunakan pendekatan SSI berbasis etnosains dibandingkan dengan kelaskontrol yang menggunakan metode konvensional, 2) seberapa besar peningkatankemampuan pemecahan masalah fisika siswa setelah diterapkannya pendekatan SSIberbasis etnosains, 3) bagaimana respon siswa setelah belajar dengan pendekatanSSI berbasis etnosains.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian trueeksperimen dengan bentuk pretest posttest control group design. Di mana kelaseksperimen dan kelas kontrol masing-masing berjumlah 30 siswa. Sampel inidiambil dari keseluruhan siswa SMA Negeri 1 Wonosobo. Metode pengumpulandata yang digunakan adalah tes uraian untuk mengetahui kemampuan pemecahanmasalah dan angket respon untuk mengetahui keefektifan setelah pembelajaranmenggunakan SSI berbasis etnosains..Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) terdapat perbedaan kemampuanpemecahan masalah fisika siswa saat diterapkan pembelajaran menggunakanpendekatan SSI berbasis etnosains yang ditunjukkan dari uji t diperoleh sebesarthitung 7,396 > ttabel 2,045 dan mempunyai nilai signifikan kurang dari 0,05 maka Hoditolak dan Ha diterima; 2) besar peningkatan kemampuan pemecahan masalahfisika siswa setelah diterapkannya pendekatan SSI berbasis etnosains yangditunjukkan dari uji N-Gain sebesar sebesar 0,74 dengan kategori untuk kelaseksperimen , sedangkan kelas kontrol yaitu sebesar 0,19; 3) respon siswa setelahbelajar dengan pendekatan SSI berbasis etnosains diperoleh rata-rata respon siswasebesar 81% pada kategori sangat efektif.
Kata Kunci : Socio Scientific Issues (SSI), Etnosains, Kemampuan pemecahanmasalah


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Anissa Valenia Samputri - Personal Name
Student ID
2020020037
Dosen Pembimbing
Sri Jumini, S. Pd., M. Pd. - - Dosen Pembimbing 1
Penguji
maryono - - Penguji 1
Firdaus, M.Pd - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84203
Edisi
Published
Departement
pendidikan fisika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Universitas Sains Al-Qur'an
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail