PEMBELAJARAN IPA TERPADU TIPE NETWORKED BERBANTUAN LITERASI SAINS DAN KEARIFAN LOKAL COWONGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Fisika

PEMBELAJARAN IPA TERPADU TIPE NETWORKED BERBANTUAN LITERASI SAINS DAN KEARIFAN LOKAL COWONGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

XML

Skripsi ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui penerapan model pembelajaranIPA Terpadu tipe Neworked berbantuan literasi sains dan kearifan lokal cowonganuntuk meningkatkan hasil belajar siswa. 2) Mengetahui besar peningkatan hasilbelajar siswa pada penerapan model pembelajaran IPA Terpadu tipe Networkedberbantuan literasi sains dan kearifan lokal cowongan.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif metode quasieksperiment, dengan desain penelitian yaitu non equivalent control group design.Desain ini merupakan desain yang membandingkan tes awal dan tes akhir padadua kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan datamenggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Validasi istrumen penelitian yangdigunakan melalui uji validitas, reliabilitas, uji daya pembeda, dan uji tingkatkesukaran. Analisis data yang digunakan yakni uji t guna menguji hubunganantara IPA Terpadu Networked dengan hasil belajar dan uji gain untukmengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan pembelajaran denganmenggunakan model IPA Terpadu tipe Networked berbantuan literasi sains dankearifan lokal cowongan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebutdibuktikan melalui nilai signifikansi uji t yang diperoleh sebesar 0,00 < 0,05,sehingga diterima dan ditolak. 2) Terdapat peningkatan hasil belajar yangcukup signifikan pada kelas eksperimen sebelum dan sesudah diberi perlakuan.Uji lanjut yang kedua dengan menggunakan uji N-Gain diperoleh nilai hasilbelajar di kelas eksperimen dengan rata-rata N-Gain score sebesar 66,70 atau66,7% (sedang) dan memiliki kriteria N-gain sebesar 0,67 (cukup efektif).
Kata Kunci: IPA Terpadu, Networked, Kearifan Lokal, Literasi Sains, HasilBelajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Arina Mayang Fanguna - Personal Name
Student ID
2020020028
Dosen Pembimbing
Dr. Sri Jumini, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 1
Firdaus, M.Pd - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
84203
Edisi
Published
Departement
pendidikan fisika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail