Prodi Pendidikan Fisika
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY TERINTEGRASI I-SETS (ISLAMIC, SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK
XMLSkripsi ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui apakah model pembelajaranGuided inquiry Terintegrasi I-SETS dapat meningkatkan pemahaman konseppeserta didik kelas VIII MTs Takhasus Al-Quran Wonosobo. 2) Mengetahuiapakah model pembelajaran Guided inquiry Terintegrasi I-SETS dapatmeningkatkan karakter religius peserta didik kelas VIII MTs Takhasus Al-QuranWonosobo. 3) Mengetahui respon peserta didik terhadap keterlaksanaan modelpembelajaran Guided inquiry Terintegrasi I-SETS pada peserta didik kelas VIIIMTs Takhasus Al-Quran WonosoboSkripsi ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakanialah True Eksperimen. Penelitian ini menggunakan desain pretest-postetst controlgrup design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik probabilitysampling dengan jenis simple random sampling. Populasi dalam penelitian iniadalah seluruh peserta didik kelas VIII MTs Takhasus Al Quran Wonosobo TahunAjaran 2023/2024. Teknik pengumpulan data dalam penelitian berupa lembarobservasi karakter religius, pretest dan posttest, angket respon peserta didik.Teknik analisis data yang dilakukan adalah uji T-test dengan menggunakan SPSS.Hasil penelitian ini menujukkan bahwa: 1) Model pembelajaran Guidedinquiry Terintegrasi I-SETS dapat meningkatkan pemahaman konsep berdasarkanhasil perhitungan Uji T nilai thitung > t tabel yaitu 2,572 > 2,0129 2) Modelpembelajaran guided inquiry terintegrasi I-SETS dapat meningkatkan karakterreligius peserta didik berdasarkan uji T nilai thitung > t tabel 7,681 > 2,0129dengan perolehan presentase 81% dalam kategori baik. Perolehan aspek karakterreligius meliputi iman dan takwa 79.7%, berakhlak mulia 82%, beramal shalih82%, karakter Islami 77,7%, dan toleransi 79,3%. 3) Model pembelajaran guidedinquiry terintegrasi I-SETS mendapatkan respon 86,94% dalam kategori sangatbaik dari peserta didik.
Kata Kunci : Guided Inquiry, I-SETS, Pemahaman Konsep, Karakter Religius
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Arsita Dwi Pratiwi - Personal Name
|
Student ID |
2020020027
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
84203
|
Edisi |
Published
|
Departement |
pendidikan fisika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |