PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY TERINTEGRASI I-SETS (ISLAMIC, SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Fisika

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY TERINTEGRASI I-SETS (ISLAMIC, SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK

XML

Skripsi ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui apakah model pembelajaranGuided inquiry Terintegrasi I-SETS dapat meningkatkan pemahaman konseppeserta didik kelas VIII MTs Takhasus Al-Quran Wonosobo. 2) Mengetahuiapakah model pembelajaran Guided inquiry Terintegrasi I-SETS dapatmeningkatkan karakter religius peserta didik kelas VIII MTs Takhasus Al-QuranWonosobo. 3) Mengetahui respon peserta didik terhadap keterlaksanaan modelpembelajaran Guided inquiry Terintegrasi I-SETS pada peserta didik kelas VIIIMTs Takhasus Al-Quran WonosoboSkripsi ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakanialah True Eksperimen. Penelitian ini menggunakan desain pretest-postetst controlgrup design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik probabilitysampling dengan jenis simple random sampling. Populasi dalam penelitian iniadalah seluruh peserta didik kelas VIII MTs Takhasus Al Quran Wonosobo TahunAjaran 2023/2024. Teknik pengumpulan data dalam penelitian berupa lembarobservasi karakter religius, pretest dan posttest, angket respon peserta didik.Teknik analisis data yang dilakukan adalah uji T-test dengan menggunakan SPSS.Hasil penelitian ini menujukkan bahwa: 1) Model pembelajaran Guidedinquiry Terintegrasi I-SETS dapat meningkatkan pemahaman konsep berdasarkanhasil perhitungan Uji T nilai thitung > t tabel yaitu 2,572 > 2,0129 2) Modelpembelajaran guided inquiry terintegrasi I-SETS dapat meningkatkan karakterreligius peserta didik berdasarkan uji T nilai thitung > t tabel 7,681 > 2,0129dengan perolehan presentase 81% dalam kategori baik. Perolehan aspek karakterreligius meliputi iman dan takwa 79.7%, berakhlak mulia 82%, beramal shalih82%, karakter Islami 77,7%, dan toleransi 79,3%. 3) Model pembelajaran guidedinquiry terintegrasi I-SETS mendapatkan respon 86,94% dalam kategori sangatbaik dari peserta didik.
Kata Kunci : Guided Inquiry, I-SETS, Pemahaman Konsep, Karakter Religius


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Arsita Dwi Pratiwi - Personal Name
Student ID
2020020027
Dosen Pembimbing
Sri Jumini, S. Pd., M. Pd. - - Dosen Pembimbing 1
Fatiatun, S. Si., M.Sc. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Firdaus, M.Pd - - Ketua Penguji
Dr. Muchotob Hamzah, MM. - - Penguji 1
Kode Prodi PDDIKTI
84203
Edisi
Published
Departement
pendidikan fisika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail