PENGEMBAGAN BAHAN AJAR KOMIK FISIKA BERBASIS AL-QUR’AN PADA MATERI HUKUM KEPLER UNTUK PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Fisika

PENGEMBAGAN BAHAN AJAR KOMIK FISIKA BERBASIS AL-QUR’AN PADA MATERI HUKUM KEPLER UNTUK PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF

XML

Pembelajaran fisika di Tingkat SMA dilakukan dengan menggunakan bahanajar komik, namun pada dasarnya masih digunakan buku paket. Pembelajaranmenggunakan bahan ajar komik terus diterapkan agar dapat berjalan sesuai dengantujuan yang ada, serta dapat membantu untuk meningkatkan keterampilan berpikirkreatif siswa. Skripsi ini bertujuan untuk (1) Menguji kevalidan bahan ajar komikfisika berbasis Al-Qur‘an pada materi hukum kepler kelas XI SMA Negeri 1Mojotengah.(2) Menguji kelayakan bahan ajar kimik fisika berbasis Al-Qur‘an padamateri hukum kepler kelas XI SMA Negeri 1 Mojotengah (3)Menguji kepraktisanbahan ajar komik fisika berbasis Al-Qur‘an pada materi hukum Kepler. (4)mengetahui peningkatan kreatifitas Belajar siswa setelah pengembangan Komik padamateri hukum kepler.Penelitian ini menggunakan R&D yaitu metode penelitian yang menghasilkanproduk berupa modul, model, media, dan lain-lain. Bahan ajar komik yangdigunakan peneliti adalah 4D. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelasXI SMA Negeri 1 Mojotengah yang berjumlah 34 orang. Instrumen yang digunakanadalah lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media, lembar validasi ahlipraktisi, lembar angket respon peserta didik, dan lembar soal yang digunakan untukmeningkatkan keterampilan berpikir kreatif. Uji hipotesis dalam penelitian diujimenggunakan Uji-T dan Uji N-Gain untuk mengetahui perbedaan antara pretest danpostest serta peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa.Hasil yang diperoleh (1) hasil validasi modul pembelajaran oleh 1 ahlimateri,diperoleh hasil 88%, 1 ahli media diperoleh hasil 93%, dan 1 ahli praktisidiperoleh hasil 93% dengan kategori sangat valid; (2) nilai kelayakan bahan ajarkomik fisika ini berdasarkan pada validasinya secara keseluruhan memperolehpresentase sebesar 88% termasuk kategori sangat layak (3) nilai kepraktisan bahanajar komik berdasarkan uji kepraktisan oleh siswa diperoleh prosentase sebesar 91%termasuk kategori sangat praktis. (4) bahan ajar komik dapat meningkatkanketerampilan berpikir kreatif dilihat dari hasil pretest dan postest peserta didik sertapengujian hipotesis dengan Uji-T dan Uji N-Gain. Pada saat pretest memperoleh skor rata-rata 64,06 dan pada saat postest memperoleh skor rata-rata 82,44. Uji-T menunjukan hasil thitung sebesar 15,292 yang lebih besar daripada ttabel pada taraf signifikansi 5%. Dapat disimpulkan dengan H0 ditolak dan Ha diterima. Uji N-Gain menunjukan hasil 0,51 dengan kategori sedang, dari hal tersebut dapat dilihat bahwasanya terdapat peningkatan antara hasil pretest dan postest serta Uji-T dan Uji N-Gain.
Kata kunci: Pengembangan bahan ajar komik, Al-Qur‘an,canva, dan berpikir kreatif


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Devy Rohmah Safitri - Personal Name
Student ID
2020020025
Dosen Pembimbing
Firdaus, M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
Maryono, M.Pd - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
84203
Edisi
Published
Departement
pendidikan fisika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail