PENGEMBANGAN MODUL AJAR IPA TERINTEGRASIKITAB KUNING PADA MATERI GERAK JATUH BEBAS UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Fisika

PENGEMBANGAN MODUL AJAR IPA TERINTEGRASIKITAB KUNING PADA MATERI GERAK JATUH BEBAS UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS

XML

Skripsi ini bertujuan untuk: 1) Menguji validitas modul IPA yangterintegrasi kitab kuning pada materi gerak jatuh bebas. 2) menguji kepraktisanmodul ajar IPA terintergrasi kitab kuning pada materi gerk jatuh bebas. 3) mengujikeefektifan modul ajar IPA terintegrasi kitab kuning pada materi gerak jatuh bebas.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (R & D)dengan model pengebangan 4D (define, desain, develop dan dessimenate ) denganmenggunakan Teknik pengumpulan data memalui, angket , tes dan dokumentasi.Adapun Teknik analisis data yang digunakan berupa statistic deskriptif berupaanalisis validitas produk, analisis kepraktisan produk dan analisis uji t untukmengetahui adanya peningkatan pemahaman konsep berpikir kritis siswa MTsMa’arif Kertek kelas VIII B yang di beri perlakuan berupa modul ajar IPA yangterintegrasi kitab kuning. Penelitian ini dilakukan dengan sampel sebanyak 18 siswakelas VIII B.Hasil yang di dapat menunjukan bahwa : (1) modul pembelajaran IPAterintegrasi kitab kuning pada materi gerak jatuh bebas layak digunakan dengandibuktikan menggunakan uji validitas oeh ahli materi 82,25%, ahli media sebesar95% dan ahli Bahasa sebesar 93% dengan kategori sangat layak.(2) modul ajar IPAterintegrasi kitab kuning di katakana sangat praktis dibuktikan dengan hasilpenilaian angket guru IPA sebesar 75% dan hasil angket dari siswa sebesar 95,5%.(3) modul ajar IPA terintegrasi kitab kuning di katakan berpengaruh untukmeningkatkan berpikir kritis siswa dibutikan dengan uji t yang di dapat t hitungsebesar -20,3902 dan t table sebesar -1,6909. Maka dapat disimpulkan bahwa thitung < t table. Modul ajar ipa ini terintegrasi kitab kuning dapat meningkatkanpemahaman konsep siswa. Hal ini berdasarkan dari hasil inlai Uji N – Gain sebesar71,85% dengan kategori tinggi. Mampu membuat siswa berpikir lebih kritis danmenambah wawasan khasanah keilmuwan. Berpikir secara logis dan sistematisdalam memecahkan berbagai macam masalah dalam kehidupan sehari- hari.
Kata kunci : Modul. Berpikir Kritis. Integrasi Kitab Kuning.ABSTRACT


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
2020020021
Dosen Pembimbing
Dr.Faisal Kamal, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 1
Ahmad Khoiri, M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Dr. Faisal Kamal, M.Pd - - Penguji 1
Firdaus, M.Pd - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84203
Edisi
Published
Departement
pendidikan fisika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail