Prodi Pendidikan Fisika
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AR (AUGMENTED REALITY) PADA MATERI KELISTRIKAN UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR ABSTRAK PESERTA DIDIK KELAS IX SMP TAKHASSUS AL-QUR’AN
XMLSkripsi ini bertujuan untuk: 1) menguji kevalidan media pembelajaranAugmented Reality yang dikembangkan pada materi kelistrikan; 2) mengetahuikepraktisan media pembelajaran Augmented Reality yang dikembangkan padamateri kelistrikan; 3) mengetahui efektivitas media pembelajaran AugmentedReality yang dikembangkan terhadap keterampilan berpikir abstrak siswa padamateri kelistrikan.Skripsi ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan(R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design,Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data didapatkanmelalui observasi, wawancara, angket, dan tes. Instrumen yang digunakan dalammeliputi angket validasi media, angket kepraktisan, dan soal tes keterampilanberpikir abstrak. Adapun Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisiskevalidan dan kepraktisan media dengan skala likert, serta analisis peningkatanketerampilan berpikir abstrak dengan uji-t dan uji n-gain.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) media pembelajaran augmentedreality pada materi kelistrikan memenuhi kriteria valid dengan presentasevaliditas media dan materi masing-masing sebesar 92,3% dan 95,3%; 2) mediapembelajaran augmented reality pada materi kelistrikan memenuhi kriteria praktisdengan presentase kepraktisan sebesar 92%; 3) media pembelajaran augmentedreality pada materi kelistrikan efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikirabstrak peserta didik dengan nilai n-gain sebesar 75,13% yang termasuk dalamkategori tinggi.
Kata kunci: Pengembangan Media, Augmented Reality, Keterampilan BerpikirAbstrak
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Uyun Nafidzatul Fajriyyah - Personal Name
|
Student ID |
2020020013
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
84203
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Fisika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |