Prodi Pendidikan Fisika
Model Pembelajaran PjBL Berpendekatan STEM Terintegrasi Islam Untuk Meningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif dan Menanamkan Karakter Religius Siswa pada Pembelajaran IPA di MTs Ma’arif Gondang
XMLTujuan penelitian ini untuk : 1) mengetahui model pembelajaran PjBLberpendekatan STEM terintegrasi Islam untuk meningkatkan keterampilan berpikirkreatif siswa; 2) mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa setelahdiberi perlakuan model pembelajaran PjBL berpendekatan STEM terintegrasi IslamMetode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan desainquasi eksperimental. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposivesampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Ma’arifGondang Tahun ajaran 2023/2024. Populasi daimbil dua kelas, yaitu kelas eksperimendan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian berupa pretest dan posttest,angket respon karakter religius siswa, lembar observasi, wawancara, serta dokumentasi.Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji-t dan uji N-gain dengan bantuanSPSS.Hasil yang didapat dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) model PjBL-STEMterintegrasi Islam mampu meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa antara kelaseksperimen dan kelas kontrol dibuktikkan dengan Ho ditolak dan Ha diterima yangditunjukkan dengan perolehan ????ℎ???????????????????? =3,450 > ???????????????????????? = 2,074 dengan taraf signifikansi5% sehingga kemampuan berpikir kreatif dinyatakan signifikan. 2) Uji gain menunjukkanbahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif dengan nilai prersentase 58,98%dalam kategori cukup. Penanaman karakter religius siswa dengan model pembelajaranPjBL berpendekatan STEM terintegrasi Islam dengan mujahadah pada pagi hari sebelumpembelajaran, mengintegrasikan dan sedikit menafsirkan ayat- ayat al-Qur’an denganmateri, LKPD, serta soal menunjukkan hasil yag positif. Hasil angket karakter religiussiswa rata-rata 64,55 yang termasuk dalam kategori baik dengan perolehan presentasekarakter religius pada aspek jujur sebesar 69,35%; toleransi sebesar 75,13%; disiplin75,30%; kerja keras 73,40%; dan tanggung jawab 72%.
Kata Kunci: Berpikir Kreatif, Karakter Religius, PjBL-STEM terintegrasi Islam
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Zulfa Lu’luin Nadhifah - Personal Name
|
Student ID |
2020020008
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
84203
|
Edisi |
Published
|
Departement |
pendidikan fisika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | : Wonosobo., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |