PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN PENDEKATAN MULTIPLE INTELLIGENCE PADA PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KOLABORASI SISWA SMP NEGERI 3 WONOSOBO

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Fisika

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN PENDEKATAN MULTIPLE INTELLIGENCE PADA PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KOLABORASI SISWA SMP NEGERI 3 WONOSOBO

XML

Kemampuan berpikir kritis dan kolaborasi siswa ditingkat SMP tergolongmasih rendah. Sedangkan, kemampuan tersebut sangat dibutuhkan dalam prosespembelajaran. Skripsi ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui implementasi modelpembelajaran STAD dengan pendekatan multiple intelegence pada pembelajaranfisika dapat membantu siswa meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kolaborasisiswa di SMP Negeri 3 Wonosobo. 2)Untuk mengetahui respon siswa terhadappembelajaran fisika menggunakan model pembelajaran STAD dengan pendekatanmultiple intelegence di SMP Negeri 3 Wonosobo. 3)Untuk mengetahui efektivitasmodel pembelajaran STAD dengan pendekatan multiple intelegence padapembelajaran fisika dapat membantu siswa meningkatkan kemampuan berpikir kritisdan kolaborasi siswa di SMP Negeri 3 Wonosobo.Penelitian menggunakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desainquasi-experiment. Sampel dalam penelitian diambil dengan purposive sampling ataumemilih sampel dengan dasar bertujuan. Populasi dalam penelitian adala h seluruhsiswa kelas VIII SMP Negeri 3 Wonosobo dengan dua kelas sebagai sampel, yaitusebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengambilan data berupaobservasi, dokumentasi, angket dan tes yang terdiri dari pretest dan posttest. Ujihipotesis dalam penelitian diuji menggunakan Uji-T dan Uji N-Gain untukmengetahui perbedaan antara kedua kelas dengan adanya peningkatan keterampilanberpikir kritis dan kolaborasi siswa.Hasil yang didapatkan dari penelitian menunjukkan bahwa: 1)Terdapatperbedaan kemampuan berpikir kritis siswa antara kelas eksperimen dan kontrol. Halini dibuktikan perolehan thitung sebesar 10,801 sedangkan ttabel 2,074. 2)Adanyaperbedaan keterampilan kolaborasi siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.Hal ini dibuktikan dengan perolehan thitung sebesar 6,962 sedangkan ttabel 2,074. 3)Hasil uji N-Gain diperoleh dengan peningkatan kelas kontrol 0,21 dengan kategoritidak efektif dan peningkatan kelas eksperimen sebesar 0,62 dengan kategori cukupefektif. Dengan demikian, penerapkan model pembelajaran STAD denganpendekatan multiple intelligence cukup efektif untuk meningkatkan keterampilanberpikir kritis siswa.
Kata kunci: STAD-Multiple Intelligence, Berpikir Kritis, Kolaborasi


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Mei Laetul Fajeri - Personal Name
Student ID
2020020003
Dosen Pembimbing
Ahmad Khoiri, M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
Fatiatun, S. Si., M.Sc. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr.KH. Muchotob Hamzah, M.M - - Penguji 1
Firdaus, M.Pd - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84203
Edisi
Published
Departement
pendidikan fisika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail