Prodi Pendidikan Fisika
PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBASIS SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, INTELLECTUAL) TERHADAP KREATIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS
XMLSkripsi ini bertujuan untuk (1) mengetahui penerapan pembelajaran denganmodel pembelajaran PjBL (Project Based Learning) berorientasi SAVI (Somatis,Auditori, Visual, Intelektual) dalam meningkatkan kreativitas peserta didik padapembelajaran IPAS. (2) Untuk mengetahui besarnya peningkatan kreativitaspeserta didik setelah belajar menggunakan model pembelajaran PjBL (ProjectBased Learning) berorientasi SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intellectual).Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimentrue experimental dengan desain pretest-posttest control group design atau memilihsampel secara acak. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMPAl-Madina Wonosobo Tahun ajaran 2023/2024. Sampel diambil menggunakanteknik probability sampling dengan jenis random sampling. Teknik pengambilandata berupa observasi untuk mengetahui karakteristik siswa, tes yang terdiri daripretest dan posttest, serta adanya angket berpikir kreatif siswa. Analisis dalampenelitian menggunakan data uji-t dan uji n-gain untuk mengetahui peningkatandan besar peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa.Hasil yang didapatkan dari penelitian menunjukkan bahwa (1) keterampilanberpikir kreatif siswa kelas eksperimen mengalami peningkatan, dibuktikan denganH0 ditolak dan Ha diterima yang ditunjukkan oleh perolehan thitung sebesar 13,29yang lebih besar daripada ttabel pada taraf signifikansi 5% yaitu 2,00. (2)peningkatan berpikir kreatif kelas eksperimen sebesar 0,62 atau 62,3%, denganhasil keterampilan berpikir kreatif setiap aspeknya yaitu untuk keterampilanberpikir lancar (fluency) 61%, berpikir luwes 63%, dan berpikir asli 59%, sehinggasetelah dirata-rata hasilnya sebesar 61% yaitu kriteria sedang.
Kata kunci: pjbl, SAVI, kreativitas dan IPAS.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Muhammad Wildan - Personal Name
|
Student ID |
2020020001
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
84203
|
Edisi |
Published
|
Departement |
pendidikan fisika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |