Prodi Pendidikan Fisika
MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS GAME EDUKATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPA DI SMP TAKHASSUS AL-QUR’AN ANNIDA’ SELOMERTO
XMLSkripsi ini bertujuan untuk: 1) Menerapkan model pembelajaran inkuiriberbasis game edukatif dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalampembelajaran IPA, 2) Mengetahui besar peningkatan hasil belajar siswa denganmenggunakan game edukatifJenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitaineksperimen. Populasi yang digunakan oleh peneliti adalah siswa kelas VIII SMPTakhasus Al-Qur‟an An-Nida Selomerto yang berjumlah 124. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah kelas VIII E sebagai kelas kontrol yang diberiperlakuan Reading, Question and Aswering dan kelas VIII D sebagai kelaseksperimen yang diberi perlakuan Model Pembelajaran Inkuiri berbasis gameedukatif. Teknik pengambilan data dengan menggunakan instrumen tes pilihanganda sedangkan teknik analisis data menggunakan uji T Test dan uji N-Gain.Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Berdasarkan output uji T-Testnilai Asymp. Sig. (2-tailed) hasil posttest (0.002) lebih kecil dibandingkan nilaitaraf signifikan (0.05), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Oleh karena itu,dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri berbasisgame edukatif terhadap hasil belajar siswa, 2) Berdasarkan hasil perhitungan ujiN-Gain score menunjukan bahwa nilai rata-rata N-Gain score untuk kelaseksperimen dengan perlakuan model pembelajaran inkuiri berbasis game edukatifadalah sebesar 61.2023 atau 61.2% termasuk dalam kategori cukup efektifdengan nilai N-Gain score minimal 32.73% dan maksimal 86.30%. Kemudianrata-rata nilai N-Gain score untuk kelas control adalah sebesar 47.6844 atau47.7% termasuk dalam kategori kurang efektif dengan nilai N-Gain scoreminimal 19.57% dan maksimal 78.26%.
Kata Kunci : Pembelajaran Inkuiri, Game Edukatif, Mata Pelajaran IPA
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Fifiyanti - Personal Name
|
Student ID |
2017020051
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
84203
|
Edisi |
Published
|
Departement |
pendidikan fisika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |