Prodi Pendidikan Bahasa Arab
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IMLA’ DENGAN HANGMAN GAMES UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB SISWA KELAS IV MI MA’ARIF KLESMAN
XMLPenelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui implementasipembelajaran imla‟ dengan hangman games untuk meningkatkan keterampilanmenulis siswa kelas IV di MI Ma‟arif Klesman, 2) Untuk Mengetahuipeningkatan pembelajaran imla‟ kelas IV di MI Ma‟arif Klesman setelahmenggunakan permainan hangman games terhadap keterampilan menulis, 3)Untuk mengetahui perbedaan kelas yang menggunakan permainan hangmangames dan kelas yang tidak menggunakan permainan hangman games.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif lapangan denganjenis eksperimen. Dimana penulis mengambil sjumlah 60 siswa sebagai sampelyang terdiri dari 30 siswa kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol. Sebelumpembelajaran dimulai, terlebih dahulu dilakukan pretest di kedua kelas. Setelahitu, dilaksanakan pembelajaran imla, dimana pada kelas eksperimen diterapkanpermainan hangman games, sedangkan pada kelas kontrol dilaksanakanpembelajaran imla‟ dengan metode konvensional. Setelah pembelajaran,dilakukan posttest pada kedua kelas. Selanjutnya, data pretest dan posttest tersebutdiolah untuk dicari tahu adakah peningkatan setelah menerapkan permainanhangman games tersebut diterapkan (menggunakan uji N-Gain) dan adakahperbedaan hasil penilaian antara kelas eksperimen yang menerapkan permainanhangman games dan kelas kontrol yang hanya menerapkan metode konvensial(menggunakan uji t-test).Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa : 1) dalam pembelajaran imla‟di MI Ma‟arif Klesman menggunakan permainan hangman games sebagai strategipembelajarannya terdapat langlah-langkah yang digunakan Ketika pembelajaransedang berlangsung, 2) adanya peningkatan pembelajaran imla‟ peserta didikkelas eksperimen sebesar 0,343 yang termasuk kedalam kategori sedang danpeningkatan sebesar 0,271 untuk kelas kontrol dengan kategori rendah, 3) adaperbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan thitung 4,295>ttabel2,001 untuk taraf signifikan 5% dan thitung 4,295>ttabel 2,663 untuk taraf signifikan1%. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.
Kata kunci: Pembelajaran Imla‟, Hangman Games, Keterampilan Menulis
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Amalia Khoerunnisa - Personal Name
|
Student ID |
2020040038
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
88204
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Bahasa Arab
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |