IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IMLA’ DENGAN HANGMAN GAMES UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB SISWA KELAS IV MI MA’ARIF KLESMAN

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Bahasa Arab

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IMLA’ DENGAN HANGMAN GAMES UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB SISWA KELAS IV MI MA’ARIF KLESMAN

XML

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui implementasipembelajaran imla‟ dengan hangman games untuk meningkatkan keterampilanmenulis siswa kelas IV di MI Ma‟arif Klesman, 2) Untuk Mengetahuipeningkatan pembelajaran imla‟ kelas IV di MI Ma‟arif Klesman setelahmenggunakan permainan hangman games terhadap keterampilan menulis, 3)Untuk mengetahui perbedaan kelas yang menggunakan permainan hangmangames dan kelas yang tidak menggunakan permainan hangman games.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif lapangan denganjenis eksperimen. Dimana penulis mengambil sjumlah 60 siswa sebagai sampelyang terdiri dari 30 siswa kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol. Sebelumpembelajaran dimulai, terlebih dahulu dilakukan pretest di kedua kelas. Setelahitu, dilaksanakan pembelajaran imla, dimana pada kelas eksperimen diterapkanpermainan hangman games, sedangkan pada kelas kontrol dilaksanakanpembelajaran imla‟ dengan metode konvensional. Setelah pembelajaran,dilakukan posttest pada kedua kelas. Selanjutnya, data pretest dan posttest tersebutdiolah untuk dicari tahu adakah peningkatan setelah menerapkan permainanhangman games tersebut diterapkan (menggunakan uji N-Gain) dan adakahperbedaan hasil penilaian antara kelas eksperimen yang menerapkan permainanhangman games dan kelas kontrol yang hanya menerapkan metode konvensial(menggunakan uji t-test).Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa : 1) dalam pembelajaran imla‟di MI Ma‟arif Klesman menggunakan permainan hangman games sebagai strategipembelajarannya terdapat langlah-langkah yang digunakan Ketika pembelajaransedang berlangsung, 2) adanya peningkatan pembelajaran imla‟ peserta didikkelas eksperimen sebesar 0,343 yang termasuk kedalam kategori sedang danpeningkatan sebesar 0,271 untuk kelas kontrol dengan kategori rendah, 3) adaperbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan thitung 4,295>ttabel2,001 untuk taraf signifikan 5% dan thitung 4,295>ttabel 2,663 untuk taraf signifikan1%. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.
Kata kunci: Pembelajaran Imla‟, Hangman Games, Keterampilan Menulis


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Amalia Khoerunnisa - Personal Name
Student ID
2020040038
Dosen Pembimbing
Dr. H. Abdul Majid, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 1
Chairanti Astina M.Pd - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
88204
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Bahasa Arab
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail