PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DALAM BUKU TEORI DASAR NAHWU & SHARF TINGKAT PEMULA KARYA Dr. H. ABDUL HARIS, M.Ag. (Telaah Aspek Materi Ajar & Teknik Penyajian)

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Bahasa Arab

PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DALAM BUKU TEORI DASAR NAHWU & SHARF TINGKAT PEMULA KARYA Dr. H. ABDUL HARIS, M.Ag. (Telaah Aspek Materi Ajar & Teknik Penyajian)

XML

Pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia menghadapi beberapapermasalahan, seperti kurang siapnya siswa, kompleksitas materi, dan kurangnyakemampuan guru dalam mengembangkan materi ajar. Salah satu komponenpenting adalah materi pelajaran yang berperan dalam membantu guru menjelaskanpelajaran dan siswa memahami materi.Tujuan penelitian ini ialah (1) Untuk mengetahui materi ajar dalam buku“Teori dasar ilmu nahwu dan shorof tingkat pemula” Dr. H. Abdul Haris, M.Ag.(2) Untuk mengetahui teknik penyajian materi dalam buku “Teori dasar ilmunahwu dan shorof tingkat pemula” Dr. H. Abdul Haris, M.Ag. (3) Untukmengetahui relevansi antara materi ajar dan teknik penyajian dalam buku “TeoriDasar Nahwu & Sharf Tingkat Pemula” Dr. H. Abdul Haris, M.Ag.Penelitian ini termasuk jenis penelitian kepustakaan atau library researchkarena sumber penelitiannya diambil dari buku. Teknik pengumpulan data yangdigunakan dengan menggunakan teknik dokumentasi isi untuk menghimpun datadatadari sumber primer maupun sekunder. Serta dalam penelitian inimenggunakan teknik analisis data berupa analisis wacana atau analisis nonstatistik.Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Materi ajar dalambuku "Teori Dasar Nahwu & Sharf Tingkat Pemula" kurang sesuai untuk pelajartingkat pemula. Materi yang disajikan terlalu rumit dan luas, sehingga kurangcocok digunakan untuk tingkat pemula. (2) Teknik penyajian buku sudah sesuaidengan standar teknik penyajian. Buku mencakup aspek-aspek yang harusdiperhatikan dalam penyajian materi, seperti pemilihan, gradasi, presentasi, danpengulangan, serta kalimat renungan hidup sebagai motivasi siswa. (3) Relevansiantara materi ajar dan teknik penyajian dalam buku "Teori Dasar Nahwu & SharfTingkat Pemula" memiliki hubungan yang relevan sehingga dapat memudahkansiswa dalam memahami materi.
Kata kunci: Pembelajaran nahwu & sharf, Materi Ajar, Teknik Penyajian.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
2020040035
Dosen Pembimbing
Fatkhurrohman, S.Ag.,M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
Dr. Asep Sunarko, M.Pd. I. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Maryono, M.Pd - - Penguji 1
Firdaus, M.Pd - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
88204
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Bahasa Arab
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail