Prodi Pendidikan Bahasa Arab
TELAAH BUKU PENDIDIKAN BAHASA ARAB SMP MUHAMMADIYAH KELAS IX KARYA ANJI FATHUNAJAS.Pd.I & SUGENG RIYANTO S.Pd.I (ANALISIS KOMPETENSI PEMBELAJARAN DAN TEKNIK EVALUASI)
XMLPenulisan skripsi ini bertujuan untuk : 1) Untuk mendeskripsikankompetensi pembelajaran dalam buku Pendidikan Bahasa Arab SMPMuhammadiyah Kelas IX Karya Anji Fathunaja S.Pd.I & Sugeng Riyanto S.Pd.I.2) Untuk mendeskripsikan Teknik Evaluasi dalam buku Pendidikan Bahasa ArabSMP Muhammadiyah Kelas IX Karya Anji Fathunaja & Sugeng Riyanto S.Pd.I.3) Untuk mendeskripsikan Relevansi anatara kompetensi pembelajaran & teknikevaluasi dalam buku Pendidikan Bahasa Arab SMP Muhammadiyah Karya AnjiFathunaja S.Pd.I. & Sugeng Riyanto S.Pd.I.Skripsi ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenispenelitiannya bersifat kepustakaan atau library research. Untuk pengumpulandata menggunakan metode studi dokumenter dan penelusuran data online.Sedangkan untuk analisis, peneliti menggunakan metode analisis isi dan analisiswacana yaitu pembahasan mendalam terhadap isi.Hasil analisis penelitian ini menunjukkan bahwa: Buku Pendidikan BahasaArab SMP Muhammadiyah Kelas IX, disajikan 3 keterampilan berbahasa Arab.Kemudian ditambah dengan tujuan pembelajaran, metode pembelajaran, danlangkah-langkah metode pembelajaran. Kompetensi pembelajaran didalam bukuini disajikan berdasar pada 3 aspek kompetensi yakni, kognitif, afektif, danpsikomotorik. Dan meliputi 3 kompetensi dalam pembelajaran bahasa Arab yakniKalam, Qira’ah, dan Kitabah. Teknik evaluasi didalam buku ini menggunakanteknik tes terdapat dua jenis teknik tes, yakni tes subjektif dan tes objektif. Akantetapi pada buku teks ini belum menyajikan kegiatan evaluasi secara menyeluruhdisetiap akhir semester untuk mengasah kompetensi siswa.
Kata Kunci : Buku Pendidikan Bahasa Arab, Kompetensi Pembelajaran,Teknik Evaluasi
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Ashri Sakinah - Personal Name
|
Student ID |
2020040025
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
88204
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Bahasa Arab
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |