IMPLEMENTASI EVALUASI AKHIR SEMESTER PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PENDIDIKAN DINIYYAH FORMAL ( PDF ) KELAS IX WUSTHO PONDOK PESANTREN AL MUBAAROK MANGGISAN WONOSOBO

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Bahasa Arab

IMPLEMENTASI EVALUASI AKHIR SEMESTER PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PENDIDIKAN DINIYYAH FORMAL ( PDF ) KELAS IX WUSTHO PONDOK PESANTREN AL MUBAAROK MANGGISAN WONOSOBO

XML

Skripsi ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui pelaksanaan evaluasi akhirsemester pada pembelajaran bahasa Arab Pendidikan Diniyyah Formal (PDF)Kelas IX Wustho Pondok Pesantren Al Mubaarok Manggisan Wonosobo. 2)Untuk mengetahui apa faktor pendukung dan faktor penghambat padapelaksanaan evaluasi akhir semester pada pembelajaran bahasa Arab PendidikanDiniyyah Formal (PDF) Kelas IX Wustho Pondok Pesantren Al MubaarokManggisan Wonosobo. 3) Untuk mengetahui apa saja kelebihan dan kekuranganevaluasi akhir semester pada pembelajaran bahasa Arab Pendidikan DiniyyahFormal (PDF) Kelas IX Wustho Pondok Pesantren Al Mubaarok ManggisanWonosobo.Skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif dimana jenis penelitiannyaadalah field research. Teknik pengumpulan data menggunakan metodeobservasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun Teknik analisis yangdigunakan adalah dengan reduksi data, penyajian data dan penarikankesimpulan.Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Pelaksanaan evaluasi akhirsemester pada pembelajaran bahasa Arab di Pendidikan Diniyyah Formal (PDF)Kelas IX Wustho Pondok Pesantren Al Mubaarok Manggisan dilaksanakandengan menggunakan 2 metode evaluasi yaitu, tes lisan dan tes tulis. 2) Faktorpendukung pelaksanaan evaluasi akhir semester pada pembelajaran bahasa ArabPendidikan Diniyyah Formal (PDF) Kelas IX Wustho Pondok Pesantren AlMubaarok Manggisan yaitu: Mengukur Pencapaian dan Kemajuan Belajar,Keinginan dan harapan santri untuk memahami bahasa Arab sangat tinggi,Bahasa Arab merupakan bahasa asing, Bahasa Arab merupakan bahasaInternasional. Sedangkan kekurangannya adalah Keterbatasan Sumber Daya,Kesulitan dalam menilai keterampilan berbahasa, Input santri atau latar belakangsantri yang berbeda-beda pasca pandemi Covid-19, Kurangnya motivasi danpartisipasi santri.3) Kelebihan dari pelaksanaan evaluasi akhir semester padapembelajaran bahasa Arab Pendidikan Diniyyah Formal (PDF) Kelas IX WusthoPondok Pesantren Al Mubaarok Manggisan yaitu: Ustadz dapat mengukurpencapaian pembelajaran santri, Ustadz dapat memberikan umpan balik yangjelas kepada santri, Ustadz dapat mengidentifikasi kebutuhan tambahan untuksantri. Sedangkan kekurangannya adalah Kurangnya variasi dalam metodeevaluasi, Sering sekali kisi-kisi yang diberikan oleh guru bertolak belakangdengan soal-soal pada evaluasi akhir semester.
Kata Kunci: Implementasi, Evaluasi, Pembelajaran, Bahasa Arab


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Mukhamad Irfan Syafi’i - Personal Name
Student ID
Mukhamad Irfan Syafi’i NIM. 2020040023
Dosen Pembimbing
Chairanti Astina M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
Mukromin,alh.,M.Ag - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
88204
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Bahasa Arab
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail