EVALUASI PENGEMBANGAN KURIKULUM (TELAAH BUKU STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MADRASAH MINORITAS MUSLIM KARYA ISMAIL SUARDI WEKKE, PH.D.)

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Bahasa Arab

EVALUASI PENGEMBANGAN KURIKULUM (TELAAH BUKU STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MADRASAH MINORITAS MUSLIM KARYA ISMAIL SUARDI WEKKE, PH.D.)

XML

Skripsi ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui konsep evaluasipengembangan kurikulum menurut Ismail Suardi Wekke, Ph.D. 2) UntukLangkah-langkah mengembangkan kurikulum pembelajaran Bahasa Arabmenurut Ismail Suardi Wekke, Ph.D. 3) Untuk mengetahui kelebihan dankekurangan pengembangan kurikulum pembelajaran Bahasa arab sesuaipemikiran Ismail Suardi Wekke, Ph.D.Skripsi ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dimana jenispenelitiannya bersifat liberary research. Teknik pengumpulan data menggunakanmetode dokumentasi. Kemudian, sumber data diperoleh dari sumber data primerdan data sekunder (buku-buku, referensi yang berkaitan dengan kurikulum, skripsiterdahulu, artikel-artikel, jurnal, dan situs internet).Adapun hasil dari penelitian ini yaitu diantaranya: 1.) Konseppengembangan kurikulum dalam pembelajaran bahasa Arab pada buku karyaIsmail Suardi Wekke. 2.) Pengembangan kurikulum dalam pembelajaran bahasaArab pada buku karya Ismail Suardi Wekke, Ph.D. disusun dengan menyertakanmodel pengembangan kurikulum yang disajikan sesuai dengan kebutuhan siswa.3.) Kelebihan buku tersebut di yaitu, Fokus kurikulum ini pada PembelajaranBerbasis Pengalaman, Pendekatan yang gunakan berpusat pada Siswa,Pembahasan tentang Konteks Sosial dan Budaya dan tentunya Responsif terhadapKebutuhan Siswa. Sehingga relevan Ketika kurikulum digunakan oleh guru dalammengajar pembelajaran Bahasa arab. sedangkan kekurangan buku tersebut yakniTema “Evaluasi Pengembangan Kurikulum” tidak sesuai dengan judul “StrategiPembelajaran Bahasa Arab karena tidak membahas lebih spesifik pada BahasaArab, sehingga terkesan umum, Pada buku tersebut tidak membahas secaraspesifik Langkah-langkah sebelum mengevaluasi sebuah kurikulum, Minimmateri Bahasa arab seperti metode dalam mengajar Bahasa arab dan unsur-unsurBahasa arab, Kurikulum ini lebih banyak diimplementasikan di dunia pesantrendaripada di madrasah minoritas muslim.
Kata Kunci: Pengembangan, Kurikulum, Pembelajaran Bahasa Arab.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Nur Laili Mualifah - Personal Name
Student ID
2020040018
Dosen Pembimbing
Chairanti Astina M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
Mukromin, Alh, M.Ag - - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
88204
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Bahasa Arab
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail