Prodi Pendidikan Bahasa Arab
PENGGUNAAN MEDIA APLIKASI EDUCANDY UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS VIII MTs MA’ARIF NU SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2023/2024
XMLSkripsi ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui penerapan media aplikasi Educandydalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab pada siswa kelas VIII MTsMa’arif NU Sukoharjo; 2) Mengetahui peningkatan penguasaan kosakata bahasa Arabmenggunakan media aplikasi Educandy pada siswa kelas VIII MTs Ma’arif NUSukoharjo; 3) Mengetahui perbedaan penguasaan kosakata bahasa Arab yangmenggunakan media aplikasi Educandy dan siswa yang tidak menggunakan mediaaplikasi Educandy pada siswa kelas VIII MTs Ma’arif NU Sukoharjo.Skripsi ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metodeeksperimen menggunakan quasi experimental design dengan teknik non equivalentcontrol group design. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIII MTs Ma’arif NUSukoharjo yang berjumlah 37 siswa yang terbagi menjadi dua kelas, yaitu kelas kontroldan kelas eksperimen. Pembelajaran di kelas eksperimen menggunakan media aplikasiEducandy, sedangkan pembelajaran di kelas kontrol tanpa menggunakan media.Setelah pembelajaran selesai dilakukanlah tes akhir berupa soal tertulis. Kemudianhasil tesnya dianalisis dan dibandingkan menggunakan uji gain dan uji t untukmengetahui peningkatan dan perbedaan penguasaan kosakata bahasa Arab di antaradua kelas tersebut. Selanjutnya, sumber data diperoleh menggunakan wawancara,observasi, dokumentasi, dan tes.Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Dalam pembelajaran bahasa Arabdi MTs Ma’arif NU Sukoharjo menggunakan media aplikasi Educandy terdapatlangkah-langkah yaitu: siswa mengakses aplikasi Educandy dengan memasukkankode, selanjutnya siswa diminta bermain bermacam-macam game kosakata denganmateri al mihnah. 2) Terdapat peningkatan penguasaan kosakata bahasa Arab padasiswa kelas eksperimen sebesar 0,519 yang termasuk ke dalam kategori sedang danpeningkatan sebesar 0,216 untuk kelas kontrol dengan kategori rendah; 3) Adaperbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan thitung 3,529 > ttabel 2,030untuk taraf signifikansi 5% dan thitung 3,529 > ttabel 2,724 untuk taraf signifikansi 1%.Sehingga H0 ditolak dan Ha diterima.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Aplikasi Educandy, Pembelajaran Kosakata,Bahasa Arab
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Sochifatun Indriyana - Personal Name
|
Student ID |
2020040015
|
Dosen Pembimbing |
Fatkhurrohman, S.Ag.,M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
M. Yusuf Amin NUgroho SH.I, M.Pd.I. - - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
88204
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Bahasa Arab
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |