IMPLEMENTASI NAZ>}AM JURU>MIYYAH JA>WA>N KARYA KH. MUHAMMAD ADNAN DALAM PEMBELAJARAN NAHWU SANTRI KELAS 1 WUS}TA MADRASAH DINIYAH TRI BHAKTI AT-TAQWA LAMPUNG TIMUR

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Bahasa Arab

IMPLEMENTASI NAZ>}AM JURU>MIYYAH JA>WA>N KARYA KH. MUHAMMAD ADNAN DALAM PEMBELAJARAN NAHWU SANTRI KELAS 1 WUS}TA MADRASAH DINIYAH TRI BHAKTI AT-TAQWA LAMPUNG TIMUR

XML

Wonosobo, 2024.Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui implementasi Naz}amJuru>miyyah Ja>wa>n karya KH. Muhammad Adnan dalam pembelajaran nahwusantri kelas 1 wust}a Madrasah Diniyah Tri Bhakti At-Taqwa Lampung Timur; 2)Mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi Naz}am Juru>miyyahJa>wa>n dalam pembelajaran nahwu santri kelas 1 wust}a Madrasah Diniyah TriBhakti At-Taqwa Lampung Timur; 3) Mengetahui kelebihan dan kekuranganimplementasi Naz}am Juru>miyyah Ja>wa>n karya KH. Muhammad Adnan dalampembelajaran nahwu santri kelas 1 wust}a Madrasah Diniyah Tri Bhakti At-TaqwaLampung Timur.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dimana jenispenelitiannya adalah field research. Teknik pengumpulan data menggunakanmetode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis yangdigunakan adalah dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Implementasi pembelajarannahwu dengan Naz}am Juru>miyyah Ja>wa>n yaitu santri diberikan penjelasan terkaitmateri beserta contohnya kemudian santri diperintahkan untuk mencari contohlain yang sesuai dengan materi dan menjabarkan kaidah-kaidah nahwunya. Santridituntut untuk menghafalkan naz}aman dengan target 2 semester, santri dituntutmampu membaca kitab kuning (Fath}ul Qari>b) dan disetorkan setiap malamminggu kepada pengampu. 2) Faktor pendukung pembelajaran nahwumenggunakan Naz}am Juru>miyyah Ja>wa>n yaitu santri memiliki buku-bukuterjemah kitab nahwu sebagai sarana penunjang dalam pembelajaran, adanyalalaran setiap mengawali pembelajaran, dan diwisudanya santri yang mampumengkhatamkan setoran naz}aman. Adapun faktor penghambatnya yaitukurangnya jam pembelajaran dikelas, masih banyak santri yang kurang bisamemahami naz}aman yang berbahasa Jawa karena mayoritas baru pertama kalihidup di pesantren. 3) Kelebihan pembelajaran menggunakan Naz}am Juru>miyyahJa>wa>n yaitu kitab ini ditulis dengan bentuk naz}am, menggunakan pegon danberbahasa Jawa, selain berisi ilmu nahwu juga terselip banyak nasehat untuk parasantrinya, sedangkan kekurangannya yaitu naz}am ini dianggap sulit bagi santriyang basic-nya bukan orang Jawa. Selain itu tidak ada kata pengantar/muqaddimah yang menjelaskan secara luas adanya motivasi atau inspirasi yangmelatarbelakangi muallif dalam memulai penulisan naz}am ini, sehingga membuatpara pembaca kurang bisa memahami alasan-alasan adanya naz}am ini dibuat.
Kata Kunci: Implementasi, Naz}am Juru>miyyah Ja>wa>n, Pembelajaran Nahwu


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Nur Alimah - Personal Name
Student ID
2020040009
Dosen Pembimbing
Asep Sunarko, M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 1
Ngatho'illah Linnajah, Lc., M.Pd. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr. Robingun, M.Pd - - Penguji 1
Chairani Astina, M.Pd - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
88204
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Bahasa Arab
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail