Prodi Pendidikan Bahasa Arab
MAHARAH KALAM PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS X 1 MAN 2 WONOSOBO (STUDY KASUS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA)
XMLSkripsi ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui keterampilan berbicara bahasaarab siswa kelas X MAN 2 Wonosobo, 2) Mengetahui implementasi kurikulummerdeka pada keterampilan berbicara bahasa arab siswa kelas X 1 MAN 2Wonosobo, 3) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasikurikulum merdeka yang berdampak pada keterampilan berbicara siswa kelas X 1MAN 2 Wonosobo.Skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif tentang studi kasuslapangan. Dengan sumber data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dariwawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan data sekundernya dari arsip,catatan, dan karya ilmiah. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis Milesdan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikankesimpulan/verifikasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan kurikulum merdeka diMAN 2 Wonosobo dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa dalamBahasa arab (maharah kalam). Dimana siswa memiliki kebebasan berekspresidalam pembelajaran dan guru memberikan wadah atau saran yang tepat untukmenciptakan pembelajaran yang baik dengan memanfaatkan teknologi. Sebagaicontoh, menggunakan video animasi, film kartun, atau yang lainnya untukmemudahkan penyampaian materi Bahasa arab. kemudian didiskusikan dengankelompok dan dipresentasikan untuk melatih maharah kalam siswa. 2) Penerapankurikulum merdeka di MAN 2 Wonosobo pada maharah kalam pembelajaranBahasa arab sudah cukup baik. Hal tersebut diantaranya yaitu tentang kebijakanmadrasah tentang persiapan penerapan kurikulum merdeka, adanya pendampinganguru dalam mempersiapkan pembelajaran, peran guru dalam penyampaianpembelajaran dengan memperhatikan kebutuhan siswa, minat, bakat, dan gayabelajarnya melalui pendekatan differensiasi dan model pembelajaran yangmenarik. 3) Dalam penerapan kurikulum merdeka pada pembelajaran Bahasa arabterdapat beberapa faktor baik faktor penghambat ataupun pendukung. Faktorpendukungnya yaitu adanya kebijakan dari madrasah dalam pengawasan danpendampingan guru untuk memaksimalkan implementasi kurikulum merdekaserta adanya sarana dan prasarana madrasah seperti Tv smart dan laboratoriumBahasa sebagai penunjang kegiatan pembelajaran. Adapun Faktor penghambatnyadiantaranya yaitu kemampuan guru untuk beradaptasi terhadap kurikulum barudan minat siswa dalam pembelajaran Bahasa arab.
Kata kunci: Maharah Kalam, Bahasa Arab, Kurikulum Merdeka
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Syifa Bahiyyah - Personal Name
|
Student ID |
2020040004
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
88204
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Bahasa Arab
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |