Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektifitaspelaksanaan pembelajaran bahasa Arab khususnya pengguasaan mufradat denganmenggunakan permainan guess the word begitupun faktor pendukung danpenghambat terealisasinya proses pembelajaran bahasa Arab denganmenggunakan permainan guess the word tersebut. Jenis penelitian yang digunakanyaitu Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan tiga siklus. Metodepengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes dengan instrumenlembar observasi dan tes hasil belajar. Adapun Teknik analisis data dilakukandengan membandingkan hasil catatan yang dilakukan peneliti sendiri.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi permainan gueesthe word dalam pembelajaran pengguasaan mufradat di kelas IV Sekolah DasarIsan Mulia Wonosobo berlangsung secara efektif. Adapun faktor pendukungpermainana guess the word adalah jaringan internet, LCD di kelas. Siswa lebihsenang dalam pembelajarannya, dikarenakan proses pembelajaran denganmenggunakan permainan guess the word mengajak siswa belajar sambil bermainjadi siswa tidak tertekan dengan pembelajarannya. Adapun faktor penghambatnyaadalah saat pembelajaran berlangsung di kelas menjadi ramai disebabkan siswabermain mencari makna mufradat tersebut.Kata Kunci: Permainan guees the word, mendengar, mengulang, Mufradat,menulis.
XMLPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektifitaspelaksanaan pembelajaran bahasa Arab khususnya pengguasaan mufradat denganmenggunakan permainan guess the word begitupun faktor pendukung danpenghambat terealisasinya proses pembelajaran bahasa Arab denganmenggunakan permainan guess the word tersebut. Jenis penelitian yang digunakanyaitu Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan tiga siklus. Metodepengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes dengan instrumenlembar observasi dan tes hasil belajar. Adapun Teknik analisis data dilakukandengan membandingkan hasil catatan yang dilakukan peneliti sendiri.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi permainan gueesthe word dalam pembelajaran pengguasaan mufradat di kelas IV Sekolah DasarIsan Mulia Wonosobo berlangsung secara efektif. Adapun faktor pendukungpermainana guess the word adalah jaringan internet, LCD di kelas. Siswa lebihsenang dalam pembelajarannya, dikarenakan proses pembelajaran denganmenggunakan permainan guess the word mengajak siswa belajar sambil bermainjadi siswa tidak tertekan dengan pembelajarannya. Adapun faktor penghambatnyaadalah saat pembelajaran berlangsung di kelas menjadi ramai disebabkan siswabermain mencari makna mufradat tersebut.
Kata Kunci: Permainan guees the word, mendengar, mengulang, Mufradat,menulis
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Mustofa - Personal Name
|
Student ID |
2019040107
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
88204
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Bahasa Arab
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |