Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektifitaspelaksanaan pembelajaran bahasa Arab khususnya pengguasaan mufradat denganmenggunakan permainan guess the word begitupun faktor pendukung danpenghambat terealisasinya proses pembelajaran bahasa Arab denganmenggunakan permainan guess the word tersebut. Jenis penelitian yang digunakanyaitu Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan tiga siklus. Metodepengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes dengan instrumenlembar observasi dan tes hasil belajar. Adapun Teknik analisis data dilakukandengan membandingkan hasil catatan yang dilakukan peneliti sendiri.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi permainan gueesthe word dalam pembelajaran pengguasaan mufradat di kelas IV Sekolah DasarIsan Mulia Wonosobo berlangsung secara efektif. Adapun faktor pendukungpermainana guess the word adalah jaringan internet, LCD di kelas. Siswa lebihsenang dalam pembelajarannya, dikarenakan proses pembelajaran denganmenggunakan permainan guess the word mengajak siswa belajar sambil bermainjadi siswa tidak tertekan dengan pembelajarannya. Adapun faktor penghambatnyaadalah saat pembelajaran berlangsung di kelas menjadi ramai disebabkan siswabermain mencari makna mufradat tersebut.Kata Kunci: Permainan guees the word, mendengar, mengulang, Mufradat,menulis.

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Bahasa Arab

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektifitaspelaksanaan pembelajaran bahasa Arab khususnya pengguasaan mufradat denganmenggunakan permainan guess the word begitupun faktor pendukung danpenghambat terealisasinya proses pembelajaran bahasa Arab denganmenggunakan permainan guess the word tersebut. Jenis penelitian yang digunakanyaitu Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan tiga siklus. Metodepengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes dengan instrumenlembar observasi dan tes hasil belajar. Adapun Teknik analisis data dilakukandengan membandingkan hasil catatan yang dilakukan peneliti sendiri.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi permainan gueesthe word dalam pembelajaran pengguasaan mufradat di kelas IV Sekolah DasarIsan Mulia Wonosobo berlangsung secara efektif. Adapun faktor pendukungpermainana guess the word adalah jaringan internet, LCD di kelas. Siswa lebihsenang dalam pembelajarannya, dikarenakan proses pembelajaran denganmenggunakan permainan guess the word mengajak siswa belajar sambil bermainjadi siswa tidak tertekan dengan pembelajarannya. Adapun faktor penghambatnyaadalah saat pembelajaran berlangsung di kelas menjadi ramai disebabkan siswabermain mencari makna mufradat tersebut.Kata Kunci: Permainan guees the word, mendengar, mengulang, Mufradat,menulis.

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektifitaspelaksanaan pembelajaran bahasa Arab khususnya pengguasaan mufradat denganmenggunakan permainan guess the word begitupun faktor pendukung danpenghambat terealisasinya proses pembelajaran bahasa Arab denganmenggunakan permainan guess the word tersebut. Jenis penelitian yang digunakanyaitu Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan tiga siklus. Metodepengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes dengan instrumenlembar observasi dan tes hasil belajar. Adapun Teknik analisis data dilakukandengan membandingkan hasil catatan yang dilakukan peneliti sendiri.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi permainan gueesthe word dalam pembelajaran pengguasaan mufradat di kelas IV Sekolah DasarIsan Mulia Wonosobo berlangsung secara efektif. Adapun faktor pendukungpermainana guess the word adalah jaringan internet, LCD di kelas. Siswa lebihsenang dalam pembelajarannya, dikarenakan proses pembelajaran denganmenggunakan permainan guess the word mengajak siswa belajar sambil bermainjadi siswa tidak tertekan dengan pembelajarannya. Adapun faktor penghambatnyaadalah saat pembelajaran berlangsung di kelas menjadi ramai disebabkan siswabermain mencari makna mufradat tersebut.
Kata Kunci: Permainan guees the word, mendengar, mengulang, Mufradat,menulis


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Mustofa - Personal Name
Student ID
2019040107
Dosen Pembimbing
Dr. Asep Sunarko, M.Pd. I. - - Dosen Pembimbing 1
Nur Farida, M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr. Moh. Sakir, M Ag - - Penguji 1
H. Mukromin,Alh.,M.Ag - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
88204
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Bahasa Arab
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail