IMPLEMENTASI MEDIA LEARN ARABIC FOR BEGINNERS UNTUK MENINGKATKAN PEMBENDAHARAAN MUFRODAT PADA SISWA KELAS 7 SMP DARUSSALAM ISLAMIC BOARDING SCHOOL TAHUN 2023/2024

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Bahasa Arab

IMPLEMENTASI MEDIA LEARN ARABIC FOR BEGINNERS UNTUK MENINGKATKAN PEMBENDAHARAAN MUFRODAT PADA SISWA KELAS 7 SMP DARUSSALAM ISLAMIC BOARDING SCHOOL TAHUN 2023/2024

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) implementasi aplikasi LearnArabic For Beginner untuk meningkatkan perbendaharaan Mufrodat Bahasa Arabsiswa kelas 7 di SMP Darussalam Islamic Boarding School Kaliwiro, Wonosobo.(2) adanya peningkatan yang terdapat pada siswa ketika menggunakan aplikasiLearn Arabic For Beginner.(3) apakah terdapat perbedaan signifikan dalampeningkatan perbendaharaan kata Bahasa Arab antara siswa yang menggunakanaplikasi Learn Arabic for Beginner dan siswa yang tidak menggunakan aplikasitersebut di SMP Darussalam Islamic Boarding School Kaliwiro, Wonosobo.Bentuk penelitian ini adalah penelitian lapangan Kuatitatif (experimen),Subjek penelitian adalah siswa kelas 7 SMP Darussalam Islamic Boarding SchoolTahun 2023/2024. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,wawancara dan dokumentasi.Hasil penelitian ini adalah: (1) Media Learn Arabic For Beginner adalahsebuah aplikasi pendidikan bahasa yang menghadirkan pengalaman pembelajaranbahasa Arab yang efektif dan gratis. (2) Peningkatan hasil belajar siswa denganmenggunakan media Learn Arabic For Beginners. Nilai rata-rata dari masingmasingkelompokyaituuntukkelaseksperimendenganujigainsebesar0,537dankelaskontrol dengan uji gain sebesar 0,268. Pada pengkategorikannya kelaseksperimen dan kelas kontrol berkriteria kategori sedang, sedangkan kelas controltermasuk dalam katagori rendah. (3) Hasil pengujian hipotesis menyimpulkanbahwa ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan media LearnArabic For Beginners dengan siswa yang tidak menggunakan media Learn ArabicFor Beginners. Hal ini membuktikan bahwa diterima dan ditunjukkan denganperolehan uji-t diperoleh sebesar 4,8138 dan pada taraf signifikan5% yaitu 1,99773 didapatkan bahwa untuk uji-t hasil belajaryaitu 4,8138 > 1,99773 dan pada taraf signifikan 1% diperolehsebesar2,65485 dan sebesar 4,8138 sehingga yaitu 4,8138> 2,65485 maka pada penelitian ini menunjukkan ditolak, dan Ha diterimabaik pada tarf signifikan 5% maupun 1% yang berarti bahwa ada perbedaan hasilsiswa yang diajarkan menggunakan media Learn Arabic For Beginnersdibandingkan dengan yang tidak menggunakan media Learn Arabic ForBeginners.Kata Kunci : media Learn Arabic For Beginners. Pembendaharaan Mufrodat


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Handini Febriyanti - Personal Name
Student ID
2019040106
Dosen Pembimbing
Chairanti Astina M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
Dr. Nurul Mubin, M.S.I - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
88204
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Bahasa Arab
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Universitas Sains Al-Qur'an
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail