Skripsi Wonosobo: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UniversitasSains Al-Qur‟an Jawa Tengah di Wonosobo 2024.Skripsi ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui isi kandungan yangterdapat dalam Al-Qur‟an surat Al-Muzammil ayat 1-8. 2) Untuk mengetahuikonsep kecerdasan spiritual pendidikan Islam yang terkandung dalam Al-Qur‟ansurat Al-Muzammil ayat 1-8. 3) Untuk mengetahui bagaimana konsepkecerdasana spiritual pendidikan Islam yang terkandung dalam Al-Qur‟an suratAl-Muzammil ayat 1-8.Skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif dimana jenis penelitiannyabersifat Liberary Research. Teknik pengumpulan data menggunakan metodedokumenter. Kemudian sumber data diperoleh dari data primmer dari berbagaitafsir seperti tafsir ibnu katsir, tafsir Al-Azhar, tafsir Al-Misbah dan tafsirKemetrian Agama. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknikberpikir indukatif yaitu melakukan interprestasi data dan menarik kesimpulanakhir, berdasarkan hasil penelitian. Kemudian menggunakan teknik analisis isi(Content Analysis) dengan mencari isi kandungan dari tafsir dan buku yangmenjelaskan kecerdasan spiritual pendidikan islam pada Al-Qur‟an Surah AlMuzammilayat1-8.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Isi kandungan Al-Qur‟an surat AlMuzammilayat 1-8 berisi tentang wujud kasih sayang Allah kepada Nabinya,perintah untuk melaksanakan bangun di malam hari untuk melaksanakan sholatmalam, perintah untuk membaca Al-Qur‟an dengan pelan dan sesuai kaidah ilmutajwid. 2) Konsep Kecerdasan spiritual Al-Qur‟an surat Al-Muzammil ayat 1-8menjelaskan tentang empat indikator kecerdasan spiritual yatitu indikator sosial,indikator jiwa, indikator ruhaniah, dan indikator biologis. 3) Konsep kecerdasanaspiritual pendidikan Islam yang terkandung dalam Al-Qur‟an surat Al-Muzammilayat 1-8 meliputi empat aspek: Pertama Aspek Sosial yaitu denganmenumbuhkan kasih sayang kepada sesama, orang tua dan guru. Kedua Aspekjiwa yaitu dengan jujur terhadap jiwa, tidak iri, dengki , menerima jati diri,mampu mengatasi perasaan gelisah, menjauhi sesuatu yang menyakiti jiwa,memegang syari‟at, keseimbangan emosi, lapang dada, mampu mengontrol diri,percaya diri Ketiga Aspek ruhaniah dilaksakan dengan membaca dan mengkajiAl-Quran sehingga mampu menumbuhkan ketenangan dan kebijaksanaan.Keempat Aspek Biologis dilakukan dengan bangun dimalam hari danmelaksanankan sholat dan dzikir sehingga dalam keadaan tersebut merasakanketenangan jiwa dan tumbuh menjadi pribadi yang mulia.Kata Kunci: Konsep, Kecerdasa Spiritual, Pendidikan Islam

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Agama Islam

Skripsi Wonosobo: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UniversitasSains Al-Qur‟an Jawa Tengah di Wonosobo 2024.Skripsi ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui isi kandungan yangterdapat dalam Al-Qur‟an surat Al-Muzammil ayat 1-8. 2) Untuk mengetahuikonsep kecerdasan spiritual pendidikan Islam yang terkandung dalam Al-Qur‟ansurat Al-Muzammil ayat 1-8. 3) Untuk mengetahui bagaimana konsepkecerdasana spiritual pendidikan Islam yang terkandung dalam Al-Qur‟an suratAl-Muzammil ayat 1-8.Skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif dimana jenis penelitiannyabersifat Liberary Research. Teknik pengumpulan data menggunakan metodedokumenter. Kemudian sumber data diperoleh dari data primmer dari berbagaitafsir seperti tafsir ibnu katsir, tafsir Al-Azhar, tafsir Al-Misbah dan tafsirKemetrian Agama. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknikberpikir indukatif yaitu melakukan interprestasi data dan menarik kesimpulanakhir, berdasarkan hasil penelitian. Kemudian menggunakan teknik analisis isi(Content Analysis) dengan mencari isi kandungan dari tafsir dan buku yangmenjelaskan kecerdasan spiritual pendidikan islam pada Al-Qur‟an Surah AlMuzammilayat1-8.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Isi kandungan Al-Qur‟an surat AlMuzammilayat 1-8 berisi tentang wujud kasih sayang Allah kepada Nabinya,perintah untuk melaksanakan bangun di malam hari untuk melaksanakan sholatmalam, perintah untuk membaca Al-Qur‟an dengan pelan dan sesuai kaidah ilmutajwid. 2) Konsep Kecerdasan spiritual Al-Qur‟an surat Al-Muzammil ayat 1-8menjelaskan tentang empat indikator kecerdasan spiritual yatitu indikator sosial,indikator jiwa, indikator ruhaniah, dan indikator biologis. 3) Konsep kecerdasanaspiritual pendidikan Islam yang terkandung dalam Al-Qur‟an surat Al-Muzammilayat 1-8 meliputi empat aspek: Pertama Aspek Sosial yaitu denganmenumbuhkan kasih sayang kepada sesama, orang tua dan guru. Kedua Aspekjiwa yaitu dengan jujur terhadap jiwa, tidak iri, dengki , menerima jati diri,mampu mengatasi perasaan gelisah, menjauhi sesuatu yang menyakiti jiwa,memegang syari‟at, keseimbangan emosi, lapang dada, mampu mengontrol diri,percaya diri Ketiga Aspek ruhaniah dilaksakan dengan membaca dan mengkajiAl-Quran sehingga mampu menumbuhkan ketenangan dan kebijaksanaan.Keempat Aspek Biologis dilakukan dengan bangun dimalam hari danmelaksanankan sholat dan dzikir sehingga dalam keadaan tersebut merasakanketenangan jiwa dan tumbuh menjadi pribadi yang mulia.Kata Kunci: Konsep, Kecerdasa Spiritual, Pendidikan Islam

XML

Skripsi Wonosobo: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UniversitasSains Al-Qur‟an Jawa Tengah di Wonosobo 2024.Skripsi ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui isi kandungan yangterdapat dalam Al-Qur‟an surat Al-Muzammil ayat 1-8. 2) Untuk mengetahuikonsep kecerdasan spiritual pendidikan Islam yang terkandung dalam Al-Qur‟ansurat Al-Muzammil ayat 1-8. 3) Untuk mengetahui bagaimana konsepkecerdasana spiritual pendidikan Islam yang terkandung dalam Al-Qur‟an suratAl-Muzammil ayat 1-8.Skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif dimana jenis penelitiannyabersifat Liberary Research. Teknik pengumpulan data menggunakan metodedokumenter. Kemudian sumber data diperoleh dari data primmer dari berbagaitafsir seperti tafsir ibnu katsir, tafsir Al-Azhar, tafsir Al-Misbah dan tafsirKemetrian Agama. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknikberpikir indukatif yaitu melakukan interprestasi data dan menarik kesimpulanakhir, berdasarkan hasil penelitian. Kemudian menggunakan teknik analisis isi(Content Analysis) dengan mencari isi kandungan dari tafsir dan buku yangmenjelaskan kecerdasan spiritual pendidikan islam pada Al-Qur‟an Surah AlMuzammilayat1-8.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Isi kandungan Al-Qur‟an surat AlMuzammilayat 1-8 berisi tentang wujud kasih sayang Allah kepada Nabinya,perintah untuk melaksanakan bangun di malam hari untuk melaksanakan sholatmalam, perintah untuk membaca Al-Qur‟an dengan pelan dan sesuai kaidah ilmutajwid. 2) Konsep Kecerdasan spiritual Al-Qur‟an surat Al-Muzammil ayat 1-8menjelaskan tentang empat indikator kecerdasan spiritual yatitu indikator sosial,indikator jiwa, indikator ruhaniah, dan indikator biologis. 3) Konsep kecerdasanaspiritual pendidikan Islam yang terkandung dalam Al-Qur‟an surat Al-Muzammilayat 1-8 meliputi empat aspek: Pertama Aspek Sosial yaitu denganmenumbuhkan kasih sayang kepada sesama, orang tua dan guru. Kedua Aspekjiwa yaitu dengan jujur terhadap jiwa, tidak iri, dengki , menerima jati diri,mampu mengatasi perasaan gelisah, menjauhi sesuatu yang menyakiti jiwa,memegang syari‟at, keseimbangan emosi, lapang dada, mampu mengontrol diri,percaya diri Ketiga Aspek ruhaniah dilaksakan dengan membaca dan mengkajiAl-Quran sehingga mampu menumbuhkan ketenangan dan kebijaksanaan.Keempat Aspek Biologis dilakukan dengan bangun dimalam hari danmelaksanankan sholat dan dzikir sehingga dalam keadaan tersebut merasakanketenangan jiwa dan tumbuh menjadi pribadi yang mulia.
Kata Kunci: Konsep, Kecerdasa Spiritual, Pendidikan Islam


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Ambyah - Personal Name
Student ID
2017010318
Dosen Pembimbing
Dr. KH. Muchotob Hamzah, M.M - - Dosen Pembimbing 1
Ahmad Zuhdi, M.Ag - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86208
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Agama Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail