PEMBELAJARAN TASAWUF MELALUI ORGANISASI TAREKAT (STUDI AMALIYAH TAREKAT QADIRIYAH WA NAQSYABANDIYAH DI ASRAMA PERGURUAN ISLAM PONDOK PESANTREN ROUDLOTUTH THOLIBIN WATHTHULLAB JAWAR WONOSOBO)

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Agama Islam

PEMBELAJARAN TASAWUF MELALUI ORGANISASI TAREKAT (STUDI AMALIYAH TAREKAT QADIRIYAH WA NAQSYABANDIYAH DI ASRAMA PERGURUAN ISLAM PONDOK PESANTREN ROUDLOTUTH THOLIBIN WATHTHULLAB JAWAR WONOSOBO)

XML

Penelitian ini membahas tentang pembelajaran tasawuf melalui organisasitarekat amaliyah Qadariyah wa Naqsyabandiyah di API Roudlotuth TholibinWaththullab Jawar, mengamaliyahkan tarekat Qadariyah wa Naqsyabandiyahpada pada santri di API Roulotuth Tholibin Waththullab Jawar dan hasil daripembelajaran tasawuf oleh tarekat.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dimana jenispenelitiannya bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian inimenggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi data.Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ajaran dasar tasawuf dalamperspetif praktis tarekat Qadariyah Naqsyabandiyah antara lain meliputi zikir, talqdan ba‟iat, latha‟if dari amalan TQN lainnya seperti latihan wajib ruhani seharihari(dzikrullah harian), khataman, manaqiban dan riyadhah. 2) Pengamalantarekat di TQN di Asrama Perguruan Islam Pondok Pesantren RoudlotuthTholibin Waththullab Jawar, diawali dengan ikrar kesetiaan dan menyambungprosesi zikir dari riyadhah hingga talqin. Muraqqabah dilakukan dengan membacakalimat Allah. Manaqib dilakukan sebulan sekali untuk menghormati pendiritarekat tersebut. 3) Para pengikut tarekat Qadariyah wa Naqsyabandiyahmerasakan rasa tenang dan mengembangkan pendidikan mental yang mampumenghindarkan mereka dari penyakit hati seperti rasa dengki, sekaligus melatihpengendalian diri agar tidak melakukan perbuatan-perbuatan negatif.
Kata Kunci: Tasawuf, Amaliyah, Tarekat Qadiriyah wa Naqsyabandiyah


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Risma Sholawati - Personal Name
Student ID
2020010231
Dosen Pembimbing
Dr. Moh. Sakir, M. Ag - - Dosen Pembimbing 1
Muhammad Najib Al Adip, S.S,.M.Pd - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86208
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Agama Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail