Prodi Pendidikan Agama Islam
KONSEP MODERASI BERAGAMA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENURUT PEMIKIRAN M.QURAISH SHIHAB PADA BUKU WASATHIYYAH
XMLPenelitian ini bertujuan untuk mengungkap dua aspek penting darikontribusi M. Quraish Shihab dalam konteks pemahaman dan implementasipendidikan Islam moderat. Pertama, penelitian ini akan mengidentifikasi danmenganalisis isi dari buku "Wasathiyyah" karya M. Quraish Shihab, dengan fokuspada pesan-pesan utama yang disampaikan dalam karyanya tersebut. Kedua,penelitianini akan menyelidiki bagaimana M. Quraish Shihabmengimplementasikan konsep pendidikan Islam moderat, serta dampaknya dalamkonteks sosial dan pendidikan.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan untukmenyelidiki topik tertentu. Metode ini melibatkan analisis mendalam terhadapberbagai sumber literatur seperti buku, karya ilmiah, dan literatur lain yangrelevan dengan tema penelitian. Data yang diperoleh dari literatur dikumpulkan,dideskripsikan secara detail, dan kemudian dianalisis untuk menghasilkanpemahaman yang mendalam tentang topik yang diteliti.Hasil penelitian menunjukan bahwa buku “Wasathiyyah” wawasan Islamtentang moderasi beragama memberikan panduan komprehensif tentangbagaimana konsep wasathiyyah dapat diterapkan dalam pendidikan agama Islam.Terdapat enam isi pokok pendidikan dalam buku Wasathiyyah yaitu pendidikandamai, pendidikan visi profetik islam, pendidikan toleransi, pendidikan yangseimbang, pendidikan moderat, dan pendidikan kewirausahaan. Penelitian inimenegaskan pentingnya insersi nilai-nilai moderasi beragama dalam pendidikanagama Islam melalui pendekatan yang melahirkan cara berpikir kritis danmenjangkau aspek evaluasi. Implementasi strategi ini dapat membantu mencegahekstremisme dan rasisme, serta membentuk individu yang toleran dan berpikirankritis.
Kata Kunci: Moderasi Beragama, Pendidikan Agama Islam, Wasathiyyah.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Sirojud Dawam - Personal Name
|
Student ID |
2020010225
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |