Prodi Pendidikan Agama Islam
INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN SPIRITUAL DAN SOSIAL DALAM KEGIATAN TAHFIDZUL QUR’AN DI PPTQ AL-MUNAWWAR TEMANGGUNG
XMLInternalisasi hakikatnya adalah sebuah proses menanamkan sesuatu, kenyakinan,sikap dan nilai-nilai perseorangan (pribadi) yang mewujudkan menjadi perilaku sosial.namun proses tersebut tumbuh dari dalam diri seseorang sampai pada penghayatan suatunilai. latar belakang masalah dari penelitian ini adalah terdapat beberapa santri yangmelanggar peraturan dan kurangnya norma terhadap sesama, namun dengan adanyaperkembangan teknologi yang sangat cepat dikhawatirkan dapat menganggu aktivitassantri dalam melaksanakan kegiatan di pondok pesantren, terutama dalam kegiatanTahfidzul Qur‟an.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan penerapan metode, nilainilaipendidikanspiritualdansosial,jugainternalisasinilai-nilaipendidikanspiritualdansosialdalam kegiatan Tahfidzul Qur'an di PPTQ Al-Munawwar Temanggung. penelitianini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif.penelitian kualitatif merupakan penelitian dengan prosedur pengumpulan datamenggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. dalam teknis analisis data,peneliti mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, dan penarikan kesimpulan.pengecekan keabsahan data dilakukan triangulasi data yaitu teknik pemeriksaan denganmemanfaatkan untadz atau ustadzah, pengurus, serta santri sebagai informan untukpengecekan atau sebagai pembanding terhadap data.Hasil penelitian ini adalah bahwa tidak ada metode khusus dalam menghafalkanAl-Qur'an, metode menghafalkan Al-Qur'an disesuaikan dengan kemampuan masingmasingsantri. terdapat nilai-nilai pendidikan spiritual yang terdapat dalam kegiatanTahfidzul Qur'an yaitu nilai pendidikan ketauhidan, nilai pendidikan ketakwaan, dan nilaipendidikan akhlak. sedangkan untuk nilai-nilai pendidikan sosial santri tidak lepas daricampur tangan dewan keamanan dan juga peran ustadz ustadzah terhadap perilaku santri.terdapat tiga strategi yang digunakan dalam proses internalisasi nilai-nilai pendidikanspiritual yang terdapat dalam kegiatan Tahfidzul Qur'an yaitu melakukan pembiasaan,memberikan keteladanan, dan melakukan pendampingan atau pendekatan personal.sedangkan proses internalisasi nilai-nilai pendidikan sosial dalam kegiatan TahfidzulQur'an yaitu dengan letak pondok pesantren yang berada di sekitar masyarakat akanterbiasa untuk sering kontak langsung seperti dalam hal berbagi, bersosialisasi, kegiatankemasyarakatan, termasuk acara besar pondok yaitu perayaan haflah yang diadakan 2tahun sekali.Novelty (unsur kebaruan) dari penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan spiritualdan sosial yang diinternalisasikan kedalam kegiatan Tahfidzul Qur'an akan mampumembentuk karakter santri, sebab Tahfidzul Qur'an dapat dijadikan sebagai alat untukmeningkatkan kecerdasan, kemampuan, pengembangan sikap, peningkatan potensi diri dandapat membentuk pribadi diri yang bertanggung jawab, cerdas, dan kreatif santri.
Kata Kunci : Internalisasi Nilai, Nilai-Nilai Pendidikan Spiritual, Nilai-NilaiPendidikan Sosial, Tahfidzul Qur'an
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Hanifah Khoirunnisa - Personal Name
|
Student ID |
2020010203
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Universitas Sains Al-Qur'an
|
Doi |