INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ETIKA SOSIAL BAGI SANTRI PUTRI DI ASRAMA SAINS SMP TAKHASSUS AL-QUR’AN KALIBEBER WONOSOBO.

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Agama Islam

INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ETIKA SOSIAL BAGI SANTRI PUTRI DI ASRAMA SAINS SMP TAKHASSUS AL-QUR’AN KALIBEBER WONOSOBO.

XML

Etika sosial merupakan suatu ilmu yang mempelajari tentang adatkebiasaan seseorang yang mengatur nilai baik buruknya perilaku manusia kepadadiri seseorang maupun kepada masyarakat. Tujuan penanaman nilai-nilaipendidikan etika sosial kepada santri putri sebagai bekal mereka untuk hidup dilingkungan masyarakat. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1)Bagaimana bentuk-bentuk internalisasi nilai-nilai pendidikan etika sosial diAsrama Sains SMP Takhassus Al-Qur’an Kalibeber Wonosobo? 2) Bagaimanainternalisasi nilai-nilai pendidikan etika sosial di Asrama Sains SMP TakhassusAl-Qur’an Kalibeber Wonosobo? 3) Bagaimana faktor pendukung danpenghambat internalisasi nilai-nilai pendidikan etika sosial di Asrama Sains SMPTakhassus Al-Qur’an Kalibeber Wonosobo?Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenispenelitian lapangan. Subjek penelitian menggunakan teknik purposive. Teknikpengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknikanalisis data yang digunakan melalui langkah-langkah sebagai berikut: 1)pengumpulan data 2) Reduksi data 3) penyajian data 4) penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Etika sosial santri putri diAsrama Sains SMP Takhassus Al-Qur’an dapat dikategorikan baik 2) Prosesinternalisasi nilai-nilai pendidikan etika sosial di Asrama Sains SMP TakhassusAl-Qur’an dilakukan dengan dua cara yaitu dengan pemberian materi-materiakhlak dan metode-metode pembentukan akhlak santri 3) hambatan-hambatandalam penanaman nilai-nilai etika sosial masih bisa diatasi dan berjalan sesuaiharapan.
Kata Kunci: Internalisasi, Santri Putri, Etika Sosial


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Intan Nur Aini - Personal Name
Student ID
2020010182
Dosen Pembimbing
Dr. Robingun Suyud El Syam, M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
Nur Faridah.M.Pd - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr. Sri Haryanto, M.Pd.I - - Penguji 1
Ali Muktafi,M.pd. - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86208
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Agama Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail