Prodi Pendidikan Agama Islam
UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENINGKATAN KEPERCAYAAN DIRI BELAJAR SISWA KELAS 7 A DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ALFA ALI MASYKUR WONOSOBO
XMLSkripsi ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui bagaimana konsep guru Pendidikan Agama Islam dan Peningkatan kepercayaan diri siswa; 2) Untuk mengetahui bagaimana upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa pada kelas 7 A di SMP Alfa Ali Masykur Wonosobo; 3) Untuk Mengetahui bagaimana faktor-faktor pendukung dan penghambat upaya meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas 7 A di SMP Alfa Ali Masykur Wonosobo. Skripsi ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dimana jenis penelitiannya bersifat. Subjek penelitiannya meliputi kepala sekolah, guru PAI, dan siswa kelas 7a SMP Alfa Ali Masykur Wonosobo. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Kemudian, sumber data diperoleh dari sumber data primer dan data sumber data sekunder. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah teknik berpikir deduktif dimana teknik pemikirannya berangkai dari dasardasar pengetahuan yang umum menjadi hal-hal yang lebih eksplisit atau khusus dan induktif, dimana data diperoleh dari data empirik lewat observasi menuju kepada suatu teori. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Konsep guru Pendidikan Agama Islam adalah profesi pendidik yang memiliki tanggungjawab moral yang sangat luar biasa yaitu mahamkan nilai-nilai agama Islam kepada peserta didik sebagai bekal mereka untuk kehidupan dimasa depan, baik didunia maupun di akhirat dan Konsep peningkatan kepercayaan diri adalah menamkan sikap kepada peserta didik tentang keyakinan terhadap kesanggupan diri dan rasa bangga serta rasa tanggungjawab. 2) Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatan kepercayaan diri belajar siswa dapat dilakukan dengan cara memberi dorongan semangat kepada peserta didik, apresiasi atas hasil yang telah dicapai peserta didik, melakukan pendekatan dengan cara mempererat komunikasi terhadap siswa yang kurang dalam kepercayaan dirinya, serta menyebutkan hasil dari setiap peserta didik agar menumbuhkan rasa semanagat bersaing. 3) Faktor pendukung dari kepercayaan diri adalah peran guru yang mengajar di kelas tersebut, bagaimana mengolah kegiatan pembelajaran agar tidak membosankan serta memberikan motivasi kepada peserta didik. Sedangkan faktor penghambat peningkatan kepercayaan diri adalah bagi mereka yang sekolah bukan keinginan dari diri sendiri melainkan paksaan dari orang tua. Mereka cenderung seenaknya sendiri dan susah untuk diarahkan. Kata Kunci: Konsep guru, Upaya guru, Kepercayaan diri siswa.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Nurjanah - Personal Name
|
Student ID |
2020010157
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi | |
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2024 |
Edisi | |
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |