Prodi Pendidikan Agama Islam
MAKNA PENDIDIKAN ISLAM DALAM SEJARAH HIJRMEKAH KE MADINAH NABI MUHAMMAD SAW (KAJIAN BUKU KELENGKAPAN TARIKH NABI MUHAMMAD JILID 1 KARYA K.H. MOENAWAR CHALIL
XMLSkripsi ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui konsep pendidkan Islam dan sejarah hijrah dari Mekah ke Madinah Nabi Muhammad Saw; 2) untuk mengetahui makna Pendidikan Islam dalam sejarah hijrah dari Mekah ke Madinah Nabi Muhammad Saw. Skripsi ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dimana jenis penelitiannya bersifat Kepustakaan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode Dokumentasi, metode Literatur, dan metode penelusuran data online. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis data yaitu reduksi data, penyajian dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pendidikan Ketauhidan yang merupakan makna dari sejarah hijrah Mekah ke Madinah Nabi Muhammad Saw ini terdiri dari 2 jenis yaitu “Tauhid Rububiyah” dan “Tauhid Uluhiyah”. 2) Pendidikan Akhlak Terdapat empat jenis makna pendidikan Islam yang yang termasuk kedalam pendidikan ahklak dalam sejarah hijrah Mekah ke Madinah Nabi Muhammad dalam buku kelengkapan tarikh Nabi Muhammad saw jilid 1 karya K.H. Moenawar Chalil diantaranya: persaudaraan, kepemimpinan, adab dan Kerjasama. 3) Pendidikan Ibadah yang terdiri dari “Maghdoh” dan “Ghoiru Maghdoh”.
Kata Kunci: Pendidikan Islam, Sejarah Hijrah, Madinah, Nabi Muhammad
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Laila Arofatur Rohimah - Personal Name
|
Student ID |
2020010151
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |