PENERAPAN METODE PICTURE AND PICTURE UNTUK PENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII DI SMPN 3 KERTEK WONOSOBO

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Agama Islam

PENERAPAN METODE PICTURE AND PICTURE UNTUK PENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII DI SMPN 3 KERTEK WONOSOBO

XML

Pembelajaran dapat dimaknai sebagai proses penambahan pengetahuan dan wawasan melalui rangkaian aktivitas yang dilakukan secara sadar oleh seseorang dan mengakibatkan perubahan dalam dirinya, sehingga terjadi perubahan yang sifatnya positif, dan pada tahap akhir akan didapat keterampilan, kecakapan dan pengetahuan baru. Muhaimin dalam bukunya Strategi Belajar Mengajar mengatakan bahwa “Pembelajaran adalah upaya membelajarkan siswa untuk belajar. Kegiatan pembelajaran akan melibatkan siswa mempelajari sesuatu dengan cara efektif dan efesien” Tujuan penelitian ini adalah (1)Untuk mengetahui Perbedaan hasil belajar siswa antara Pembelajaran dengan metode picture and picture dengan metode konvensional.(2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah pembelajaran metode picture and picture. Untuk mencapai tujuan di atas digunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen yang menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi tes dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara, Memaparkan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Perbedaan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen dalam penggunaan metode pembelajaran picture and picture dengan yang menggunakan model konvensional dapat diketahui melalui hasil posttest yaitu pada kelas kontrol didapat nilai rata-rata 71,25 dan pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 76,56. (2)Peningkatan hasil belajar dengan menggunakan metode picture and picture untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran pendidikan agama islam kelas VII di SMPN 3 Kertek Wonosobo dapat dilihat dari analisis uji gain pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen mengalami peningkatan karena g > 0,3 dengan hasil uji gain diperoleh 0,490, sedangkan dalam kelas kontrol yang tidak menggunakan model pembelejaran Guide Reading and Retelling Retelling peningkatan pemahaman belajarnya dikatakan lebih rendah karena g < 0,3 dengan hasil uji gain pada kelas kontrol diperoleh 0,348.
Kata kunci: picture and picture, Hasil belajar, Pendidikan agama islam


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Anisatul Fatkhiyah - Personal Name
Student ID
2020010146
Dosen Pembimbing
Firdaus, M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
Darul Muntaha, M.Pd - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86208
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Agama Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail