IMPLEMENTASI METODE QUDWAH UNTUK MENINGKATKAN SISWA AKTIF BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADIST DI MTS MA’ARIF KERTEK KABUPATEN WONOSOBO

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Agama Islam

IMPLEMENTASI METODE QUDWAH UNTUK MENINGKATKAN SISWA AKTIF BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADIST DI MTS MA’ARIF KERTEK KABUPATEN WONOSOBO

XML

Skripsi ini bertujuan untuk: 1) untuk mengetahui konsep metode qudwah dalam pembelajaran Al-Qur‟an Hadist dan siswa aktif; 2) untuk mengetahui penerapan metode qudwah dalam pembelajaran Al-Qur‟an Hadist untuk mendorong siswa aktif belajar di MTs Ma‟arif Kertek Kabupaten Wonosobo; 3) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat metode qudwah dalam pembelajaran Al-Qur‟an Hadist untuk mendorong siswa aktif belajar di MTs Ma‟arif Kertek Kabupaten Wonosobo. Skripsi ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah pengamatan (observasi), wawancara (interview), dan dokumentasi (studi documenter).Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII D dengan jumlah 32 siswa. Metode qudwah adalah suatu cara atau langkah-langkah yang ditempuh seseorang guru dalam proses pengajaran melalui perbuatan atau tingkah laku baik yang patut ditiru oleh anak didik. Pemberian pelajaran Al-Qur‟an Hadist kepada siswa bertujuan untuk memberikan pemahaman untuk beriman dan bertakwa kepada Allah sehingga dapat belajar untuk mampu melaksanakan dan berbuat secara efektif apa yang terkandung dalam Al-Qur‟an dan Hadist. Dengan belajar menggunakan metode keteladanan, siswa merasakan sebuah proses pembelajaran yang lebih bermakna dan relevan dengan kehidupan mereka. Motivasi belajar pun meningkat karena mereka dapat melihat langsung bagaimana nilai-nilai yang dipelajari di kelas dapat berdampak pada kehidupan nyata. Pendekatan ini juga memperkuat ikatan antara guru dan siswa melalui interaksi yang dilandasi oleh nilai-nilai seperti kedisiplinan, toleransi, sopan santun, tanggung jawab, dan kejujuran. Dengan penerapan metode qudwah yang menyeluruh dan berkelanjutan dapat menciptakan lingkungan pembelajaran yang merangsan dan memotivasi siswa untuk menjadi aktif dalam memperoleh pengetahuan dan nilai-nilai spiritual yang terkandung dalam Al-Qur‟an Hadist. Keteladanan dapat tercerminkan dari pendidik serta menjadi faktor pendukung keberhasilan belajar mengajar dikelas. Dengan demikian, metode qudwah dapat diterapkan di kelas VIII D di MTs Ma‟arif Kertek.
Kata kunci: Meningkatkan Siswa Aktif Belajar, Al-Qur‟an Hadist, Metode Qudwah


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
ZAHROTUL FUADAH - Personal Name
Student ID
: 2020010141
Dosen Pembimbing
KH. Mukromin, Alh, M.ag - - Dosen Pembimbing 1
Chairani Astina M.Pd - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86208
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Agama Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail