PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN EDUTAINMENT DALAM MENINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SKI DI MTS AN-NUUR KALIERANG WONOSOBO

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Agama Islam

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN EDUTAINMENT DALAM MENINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SKI DI MTS AN-NUUR KALIERANG WONOSOBO

XML

Skripsi ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui konsep edutainment dan semangat belajar siswa. 2) Untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran edutainment dalam meningkatkan semangat belajar siswa pada mata pelajaran SKI di MTs An-Nuur Kalierang Wonosobo. 3) Untuk mengetahui analisis dari faktor metode pembelajaran edutainment dalam meningkatkan semangat belajar siswa pada mata pelajaran SKI di MTs An-Nuur Kalierang Wonosobo. Skripsi ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif di mana jenis penelitiannya bersifat lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian, sumber data diperoleh dari sumber data primer dan data sekunder (buku-buku referensi terkait metode pembelajaran yang berkaitan dengan edutainment berupa konsep, prinsip, penerapan, skripsi terdahulu, artikel, jurnal, dan sumber internet). Adapun teknik analisis yang digunakan adalah teknik observasi wawancara sebagai upaya mencari dan menata secara sistematis catatan hasil yang berguna untuk meningkatkan pemahaman peneliti tentang kasus yang diteliti. Penggunaan teknik analisis menggunakan model interaktif Miles and Huberman, karena analisis ini dilakukan melalui beberapa langkah berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Konsep edutainment merupakan langkah penyatuan cara mengajar dan pembelajaran di kelas yang memiliki suasana kondusif dan menyenangkan dengan hasil statement tentang pembelajaran tidak lagi dianggap menyeramkan, menegangkan dan membosankan. Sedangkan semangat belajar selalu diartikan sebagai motivasi belajar namun motivasi belajar merujuk pada emosional dan perilaku untuk mencapai tujuan pembelajaran sedangkan semangat belajar mengarah pada gairah dalam diri seseorang pelajar yang menunjukkan rupa keseriusan dan sungguh-sungguh dalam belajar. 2) Sejarah penerapan metode edutainment dalam meningkatkan semangat belajar pada mata pelajaran SKI didasarkan atas latar belakang siswa yang sikap dan antusias dalam mengikuti pembelajaran menurun diakibatkan kebosanan dan kejenuhan sehingga solusi metode edutainment menjadi jawaban permasalahan yang dialami oleh tenaga didik dalam pembelajaran di kelas. Hal ini karena bahan ajar SKI berupa LKS dan sebagian siswa memandang terlalu banyak isi materi maka solusi diberikan teknik penerapan dengan menyelipkan candaan humor di tengah-tengah situasi pembelajaran berlangsung, hal ini merupakan upaya dalam mencairkan suasana kelas yang kurang kondusif dan menimbulkan suasana yang menyenangkan dan hati gembira bagi peserta didik 3) Analisis faktor dari metode edutainment dalam meningkatkan semangat belajar siswa mata pelajaran SKI mengkaji dari sisi faktor pada diri seseorang itu sendiri yang timbul sebab akibat dari permasalahan yang dihadapi. Terkuak beberapa faktor yang timbul berasal dari faktor internal dan faktor eksternal serta awal mula pendidik dalam mengajar yang menggunakan metode sederhana berupa ceramah sehingga perlu ditopang dengan metode edutainment sebagai tambahannya.
Kata kunci: Semangat Belajar, Metode Edutainment, SKI


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Odhian Wisnu Pratama - Personal Name
Student ID
2020010136
Dosen Pembimbing
Dr. Rifqi Muntaqo, M.S.I. - - Dosen Pembimbing 1
Drs. Ali Imron, M.Ag - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86208
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Agama Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail