Prodi Pendidikan Agama Islam
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK SISWA KELAS VIII A SMP AL MADINA WONOSOBO
XMLSkripsi ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Konsep metode cooperative learning tipe think pair and share dalam membentuk akhlak siswa kelas VIII A di SMP Al Madina Wonosobo. 2) Pelaksanaan penerapan pembelajaran cooperative learning tipe tink pair and share dalam membentuk akhlak siswa kelas VIII A SMP Al Madina Wonosobo. 3)Pengaruh cooperative learning tipe think pair and share dalam membentuk akhlak siswa kelas VIII A SMP Al Madina Wonosobo. Skripsi ini menggunakan metode kualitatif lapangan dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Kemudian sumber data diperoleh dari subjek penelitian yaitu Kepala Sekolah, Guru pai dan siswa kelas VIII A. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan analisis model interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan serta verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Konsep penerapan metode Think Pair Share di SMP Al Madina dipilih karena kami melihat potensi besar dalam metode ini untuk tidak hanya meningkatkan kemampuan akademik siswa tetapi juga membentuk akhlak mereka. Metode ini mendorong siswa untuk bekerja sama, saling menghargai, dan bertanggung jawab. Metode ini sejalan dengan visi sekolah kami yang ingin menghasilkan siswa berprestasi dan berakhlak mulia. 2) Penerapan cooperative learning tipe Think Pair Share di kelas VIII A SMP Al Madina Wonosobo sangat efektif dalam membentuk akhlak siswa. Melalui tahapan berpikir, berpasangan, dan berbagi, siswa tidak hanya belajar materi pelajaran tetapi juga memahami dan menerapkan nilai-nilai akhlak dalam kehidupan mereka. Guru berperan penting dalam setiap tahap, memastikan pembelajaran berjalan lancar dan nilai-nilai akhlak dapat tersampaikan dengan baik. Penerapan pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share di kelas VIII A SMP AlMadina Wonosobo tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan pemahaman akademis, tetapi juga untuk membentuk karakter siswa dalam hal akhlak dan keterampilan sosial. 3) Metode Cooperative Learning tipe Think-Pair-Share telah memberikan dampak positif yang signifikan dalam membentuk akhlak siswa kelas VIII A SMP Al-Madina Wonosobo. Metode ini tidak hanya meningkatkan kemampuan akademis siswa tetapi juga mengembangkan nilai-nilai akhlak yang penting seperti kejujuran, tanggung jawab, penghargaan terhadap pendapat orang lain, kerjasama, keterampilan komunikasi, dan rasa percaya diri. Pengalaman positif ini diharapkan dapat terus berlanjut dan memberikan manfaat jangka panjang bagi perkembangan karakter siswa.
Kata kunci: Metode Think Pair and Share, Pembentukan Akhlak, Siswa
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Hamam Nasirudin - Personal Name
|
Student ID |
2020010126
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa | |
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |