Prodi Pendidikan Agama Islam
PENGEMBANGAN DESAIN GRAFIS DAN VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN SKI DI KELAS VII MTS N 1 WONOSOBO
XMLSkripsi, Wonosobo: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK). Universitas Sains Al- Qur‟an (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo 2024. Dalam bidang dunia pendidikan diperlukan adanya berbagai macam inovasi dan kreasi lantaran disepanjang zaman pendidikan selalu mengalami transformasi ke arah yang lebih baik guna untuk peningkatan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1)Penggunaan desain grafis dan video animasi media animasi pembelajaran 2)untuk mengetahui pengaruh desain grafis dan video animasi pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar dalam pembelajaran SKI di Mts N 1 Wonosobo. 3)untuk mengetahui seberapa besar dampak mengimplementasikan desain grafis dan video animasi pembelajaran untuk meingkatkan prestasi belajar dalam pembelajaran SKI di Mts N 1 Wonosobo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) merupakan suatu metode penilitian untuk menghasilkan produk baru atau mengembangkan dan menyempurnakan produk yang telah ada dengan tujuan untuk menguji keefektifan dari produk tersebut. Lokasi penelitian di Mts N 1 Wonosobo dengan subyek penelitian siswa-siswi kelas VII. Pendekatan R&D dengan metode penelitian kuasi eksperimen (Quasi Experimen).Setelah data terkumpul kemudian di analisis menggunakan analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan pengembangan Desain Grafis dan Video Animasi Pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar dalam pembelajaran SKI di kelas VII Mts N 1 Wonosobo. Pertama, pembelajaran SKI dengan menggunakan desain grafis dan vidio animasi pembelajaran pada siswa kelas VII MTs N 1 Wonosobo terbilang berhasil. Hal tersebut dapat dilihat dari pembelajaran menggunakan Desain Grafis dan Vidio Animasi Pembelajaran dapat membantu peserta didik dalam mempelajari dan memahami materi SKI dengan baik dan cermat, peserta didik berperan aktif dan responsive dalam pembelajaran. Kedua, Pengaruh Metode desain grafis dan vidio animasi pembelajaran pada kegiatan belajar mengajar di MTs N 1 Wonosobo cukup signifikan dibuktikan dengan daya tarik siswa yang menyukai dengan gaya pembelajaran desain grafis dan vidio animasi untuk meningkatakan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari hasil uji gain yang menunjukkan bahwa N-gain kelas eksperimen 0,45 > N-gain kelas kontrol 0,32. Ketiga, dampaknya siswa yang lebih aktif dalam kegiatan mencatat atau membaca materi yang sesuai juga dalam kurikulum merdeka di sisi lain juga memanfaatkan sarana dan prasalana sekolah yang mana di setiap kelas sudah di fasilitasi TV LED yang jarang di gunakan oleh para guru. Hasil perhitungan diketahui bahwa ada perbedaan pemahaman siswa kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Hal ini terlihat dari hasil uji hipotesis yang menunjukan bahwa thitung (2,51) > ttabel (1,99).
Kata Kunci: Desain Grafis, Video Animasi, Prestasi Belajar, SKI.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Muhammad Khasan Arifin - Personal Name
|
Student ID |
2020010118
|
Dosen Pembimbing |
Pamungkas Setya Mulyani, S.Pd., M.Pd. - - Dosen Pembimbing 1
Dr.Faisal Kamal, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |