PENERAPAN METODE ROLE PLAYING UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS V SD N 1 PRIGI BANJARNEGARA

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Agama Islam

PENERAPAN METODE ROLE PLAYING UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS V SD N 1 PRIGI BANJARNEGARA

XML

Skripsi ini bertujuan untuk: 1) untuk mengetahui penggunaan metode role playing pada pembelajaran Pendidikan agama islam di SD N 1 Prigi Banjarnegara; 2) untuk mengetahui bahwa metode role playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 1 Prigi Banjarnegara pada pembelajaran Pendidikan agama islam setelah menggunakan metode role playing. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, menggunakan teknik analisis data penerapan metode role playing yang terkumpul melalui observasi lalu diolah dengan menggunakan rumus persentase dan data hasil belajar siswa. Pengumpulan data dengan cara melakukan observasi terhadap guru, tes terhadap siswa dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan 1) Metode Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa dikelas V SD Negeri 1 Prigi, dengan cara melibatkan siswa secara aktif dalam memainkan peran yang berkaitan dengan nilai-nilai dan situasi dalam agama islam. Hal ini membantu siswa memahami konsep-konsep agama secara praktis dan memperkuat pemahaman mereka melalui pengalaman langsung, bukan hanya dari teori semata. Role Playing juga dapat meningkatkan keterlibatan siswa,membangun kepercayaan diri dan memfasilitasi pemecahan masalah dalam konteks kehidupan sehari-hari yang relevan dengan agama islam. 2) Menunjukkan bahwa penerapan metode role playing dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas V SD Negeri 1 Prigi Kecamatan Sigaluh Kabupaten Banjarnegara setelah menggunakan metode role playing (bermain peran) dapat meningkat. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil belajar siswa sebelum tindakan atau menggunakan metode role playing (bermain peran) hanya mencapai pada rata-rata nilai 61,72 dengan ketuntasan secara klasikal sebesar 32%. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I dengan menerapkan metode role playing (bermain peran) hasil belajar siswa meningkat mencapai rata-rata nilai 70,72 dengan ketuntasan secara klasikal sebesar 60%. Kemudian pada siklus II dengan menggunakan metode role playing (bermain peran) hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dengan rata-rata nilai 83,76 serta ketuntasan siswa secara klasikal sebesar 96%. Maka dari itu dikatakan efektif dalam mengalami peningkatan hasil belajar karena indikator keberhasilan yang telah ditetapkan adalah melebihi 76%
Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Role Playing


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Lisa Kinanti - Personal Name
Student ID
2020010109
Dosen Pembimbing
Faisal Kamal, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 1
Pamungkas Stiya Mulyani, S.Pd., M.Pd. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86208
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Agama Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail