Prodi Pendidikan Agama Islam
PENGEMBANGAN SIKAP TOLERANSI SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 WONOSOBO
XMLSkripsi ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui konsep sikap toleransi siswa dalam pembelajaran PKN di MAN 1 Wonosobo; 2) Mengetahui metode yang digunakan guru dalam pengembangan sikap toleransi siswa melalui pembelajaran PKN di MAN 1 Wonosobo; 3) Mengetahui pelaksanaan dalam pengembangan sikap toleransi siswa melalui pembelajaran PKN di MAN 1 Wonosobo. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitiannya bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik observasi, wawancara, dan juga dokumentasi. Kemudian, sumber data diperoleh dari sumber data primer dan data sekunder (wawancara langsung dengan subyek penelitian, serta dokumentasi berupa foto, data-data, dan lain sebagainya). Adapun teknik analisis yang digunakan adalah melalukan penelitian terhadap penerapan pengembangan sikap toleransi siswa melalui pembelajaran PKN di MAN 1 Wonosobo. Peneliti membuat catatan lapangan dan catatan wawancara lengkap juga mendeskripsikan hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Konsep sikap toleransi siswa melalui pembelajaran PKN di MAN 1 Wonosobo terdiri dari 3 konsep yakni: saling menghargai dan menghormati antar sesama, tidak melanggar norma, dan tidak bermusuhan antar teman. Dengan adanya tiga konsep ini menjadikan peserta didik memiliki kebiasaan dalam kehidupannya untuk menghargai perbedaan baik pendapat maupun ras agama dan selalu menaati peraturan yang ada. 2) Metode yang digunakan guru dalam pengembangan sikap toleransi siswa melalui pembelajaran PKN di MAN 1 Wonosobo ini yaitu dengan guru menggunakan 4 metode, meliputi metode ceramah, metode diskusi kelompok, metode kuis dan memberikan isu nyata yang terjadi baik di lingkungan sekolah maupun masyarakat dengan tujuan agar siswa bisa mengambil dampak positif maupun negatif. 3) Pelaksanaan pengembangan sikap toleransi siswa melalui pembelajaran PKN di MAN 1 Wonosobo, guru menyiapkan materi, metode dan media pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang digunakan guru yaitu dengan menggunakan media power point dan proyektor. Namun dalam pembelajaran juga terdapat faktor penghambat bagi siswa maupun guru tetapi tidak menjadikan penghalang dalam pembelajaran.
Kata kunci: Pengembangan Sikap Toleransi, Model Pembelajaran PKN
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Anisaul Hazhikoh - Personal Name
|
Student ID |
2020010080
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |